Rabu 20 Dec 2023 12:08 WIB

Apple Hentikan Sementara Penjualan Watch Series 9 dan Ultra 2, Ini Fakta-Fakta Tentangnya

Apple memutuskan untuk menghentikan sementara penjualan Apple Watch Series 9.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Apple Watch Series 9. Apple akan menghentikan penjualan dua jam tangan pintar terbarunya yakni Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 di Amerika Serikat (AS).
Foto: EPA-EFE/ADAM DAVIS
Apple Watch Series 9. Apple akan menghentikan penjualan dua jam tangan pintar terbarunya yakni Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 di Amerika Serikat (AS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple akan menghentikan penjualan dua jam tangan pintar terbarunya yakni Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 di Amerika Serikat (AS) pada bulan ini. Alasannya karena Apple sedang menghadapi perselisihan hukum yang sedang berlangsung dengan perusahaan teknologi kesehatan Masimo.

Komisi Perdagangan Internasional AS, badan federal yang menangani mandat terkait perdagangan, sebelumnya mengeluarkan perintah yang melarang Apple mengimpor Seri 9 dan Ultra 2. Keputusan tersebut diambil setelah hakim AS memutuskan pada Januari lalu bahwa Apple melanggar paten Masimo terkait dengan teknologi yang digunakan dalam sistem penginderaan oksigen darah Apple. 

Baca Juga

Perintah tersebut saat ini sedang dalam peninjauan, namun Apple terlebih dahulu menghentikan sementara penjualan jika sudah keluar putusan. Langkah ini pertama kali dilaporkan oleh 9to5Mac pada Senin, dan Apple telah mengonfirmasi keputusannya, seperti dilansir dari CNET, Rabu (20/12/2023).

Apple sangat tidak setuju dengan perintah tersebut dan sedang melakukan serangkaian opsi hukum dan teknis untuk memastikan bahwa Apple Watch tersedia bagi pelanggan. CEO Masimo Joe Kiani mengatakan keputusan hakim seharusnya membantu memulihkan keadilan di pasar.

Berikut ini fakta-fakta yang perlu diketahui soal penundaan penjualan Apple Watch Series 9 dan Ultra 2:

1. Kapan Apple akan berhenti menjual Apple Watch Series 9 dan Ultra 2?

Apple akan berhenti menjual Seri 9 dan Ultra 2 secara daring pada siang hari PT (15.00 ET) pada 21 Desember, menurut perusahaan tersebut. Dikatakan bahwa waktu terakhir pengambilan dan pengiriman pesanan daring, serta penjualan di dalam toko, akan berakhir pada 24 Desember.

2. Apakah masih dapat membeli Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 dari pengecer lain?

Pesanan tersebut memengaruhi penjualan Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 melalui Apple secara khusus, namun ada kemungkinan tersedia di peritel secara terbatas. Tetapi, pesanan tersebut hanya berlaku untuk penjualan di AS, artinya Anda masih bisa membeli Series 9 dan Ultra 2 di luar negeri.  

3. Model Apple Watch mana yang terpengaruh? 

Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 adalah satu-satunya model yang terpengaruh. Apple Watch lain dengan pemantauan oksigen darah, yang mencakup semua model non-SE mulai Seri 6, juga tidak akan terpengaruh.

4. Apa itu Masimo dan mengapa Apple menghentikan sementara penjualan?

Masimo adalah perusahaan teknologi medis yang menciptakan produk kesehatan profesional dan konsumen, termasuk jam tangan pintar bernama Masimo W1. Jeda penjualan ini merupakan perkembangan terbaru dalam perselisihan hukum yang sedang berlangsung antara Apple dan Masimo, di mana Masimo menuduh Apple melanggar paten oksimeter denyutnya.

5. Apa yang terjadi selanjutnya?

Masa peninjauan kembali oleh Apple akan berakhir pada tanggal 25 Desember, jadi perihal impor bisa tetap berlaku setelah batas waktu tersebut. Apple juga berencana untuk mengajukan banding atas keputusan ITC ke tingkat federal.

Apple dikatakan sedang mengembangkan perubahan perangkat lunak yang mengubah cara jam tangan memantau dan menampilkan kadar oksigen darah sebagai solusinya, menurut Bloomberg.

6. Jika tidak bisa membeli Apple Watch Series 9 atau Ultra 2, apa alternatifnya?

Bagi pemilik iPhone yang hanya menginginkan jam tangan pintar untuk melacak aktivitas, olahraga, dan tidur harus mempertimbangkan Apple Watch SE seharga 249 dolar AS. Meskipun jam tangan tersebut tidak memiliki pemantauan EKG dan oksigen darah, namun ini masih dapat memberikan pemberitahuan untuk detak jantung tinggi dan rendah serta ritme jantung tidak teratur.

"Mereka yang ingin memantau kadar oksigen darah secara khusus dari rumah harus mempertimbangkan untuk membeli oksimeter denyut yang mandiri," kata Jennifer Schrack, profesor di Departemen Epidemiologi di Johns Hopkins University, Bloomberg School of Public Health. Namun jika tetap ingin menunggu Series 9 atau Ultra 2, tidak ada salahnya untuk menunggu kabar baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement