Rabu 06 Dec 2023 20:33 WIB

Ikan Purba Berstatus Punah Ditemukan di Jawa

Penemuan itu juga menjawab persoalan taksonomi ikan belida di Indonesia.

Ikan belida. Mayoritas ikan belida di Indonesia termasuk dalam spesies Chitala lopis. Namun, jenis lain yang sering ditemukan adalah Chitala borneensis dan Chitala hypselonotus.
Foto:

Kelimpahan dan sebaran ketiga jenis ikan tersebut mengalami penurunan di pulau Sumatra dan Jawa. Bahkan, status Chitala hypselonotus terakhir ditemui pada tahun 2015.

 

Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 tahun 2021 tentang Jenis Ikan yang Dilindungi, terdapat empat spesies famili Notopteridae yang dilindungi. Tiga di antaranya adalah Chitala lopis, Chitala borneensis, dan Chitala hypselonotus.

 

IUCN mengungkapkan spesies Chitala termasuk spesies dengan kategori least concern yang mengindikasikan tingkat risiko kepunahan masih rendah di Indonesia. Hanya saja, Chitala lopis sudah dianggap punah.

 

Oleh karena itu, status konservasi pada IUCN perlu dievaluasi pada sebaran Chitala lopis di Indonesia bukan hanya di Pulau Jawa. Lalu, diperlukan revisi status konservasi Chitala hypselonotus dan Chitala borneensis dari least concern menjadi critically endangered (kritis) dikarenakan keterbatasan stok dan sebaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement