Senin 20 Nov 2023 21:51 WIB

Bosan dengan Kontroversi Elon Musk, Begini Berbagai Cara Hapus Akun X

CEO Twitter Elon Musk kerap melontarkan cuitan kontroversial.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bagi mereka yang memutuskan untuk meninggalkan X/Twitter, ada panduan langkah-langkah disediakan untuk mempermudah penghapusan akun/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Bagi mereka yang memutuskan untuk meninggalkan X/Twitter, ada panduan langkah-langkah disediakan untuk mempermudah penghapusan akun/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dampak dari respons kontroversial Elon Musk terhadap cuitan antisemit semakin membesar. Beberapa waktu lalu, sejumlah perusahaan terkemuka seperti Apple, IBM, Disney, dan Paramount mengumumkan penangguhan iklan di platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Gedung Putih turut angkat bicara dengan mengecam keras sikap pemilik X itu. "Kami mengutuk keras promosi kebencian antisemit dan rasis ini, yang bertentangan dengan nilai-nilai inti kami sebagai orang Amerika,” kata juru bicara Gedung Putih, Andrew Bates, dilansir CNET, Senin (20/11/2023).

Baca Juga

Menurut laporan The Associated Press, iklan dari IBM, Apple, dan beberapa perusahaan lain dilaporkan muncul di sebelah konten pro-Nazi di situs tersebut. Boikot ini terjadi seiring dengan penelitian yang menunjukkan peningkatan ujaran kebencian di media sosial itu sejak Musk mengakuisisi perusahaan tersebut pada tahun lalu. Hingga saat ini, pihak X belum memberikan tanggapan terkait permintaan komentar terbaru.

Bagi mereka yang memutuskan untuk meninggalkan X/Twitter, panduan langkah-langkah disediakan untuk mempermudah penghapusan akun, termasuk opsi untuk membatalkan keputusan tersebut. Berikut langkah-langkah untuk menghapus akun X dari ponsel dan komputer:

Cara Menghapus Akun X dari Ponsel:

1. Masuk ke akun X dan ketuk ikon profil.

2. Gulir ke bawah, ketuk "Pengaturan dan Dukungan" lalu pilih "Pengaturan dan Privasi."

3. Pilih "Akun Anda" > "Nonaktifkan Akun Anda."

4. Ketuk "Nonaktifkan" dan masukkan kata sandi, kemudian konfirmasi.

 

Cara Menghapus Akun X dari Komputer:

1. Masuk ke akun X dan pilih "Lainnya" > "Pengaturan dan Privasi."

2. Di bagian "Akun Anda" klik "Nonaktifkan Akun Anda."

3. Klik "Nonaktifkan" dan masukkan kata sandi, kemudian konfirmasi.

Penting untuk dicatat bahwa menonaktifkan akun tidak berarti menghapus sepenuhnya. Jika ingin menghapus akun secara permanen, jangan mengakses akun selama 30 hari setelah penonaktifan. Setelah periode ini, akun akan dihapus, dan nama pengguna tidak lagi terkait.

 

Putuskan Tautan Aplikasi Pihak Ketiga:

Pengguna juga disarankan untuk memutuskan tautan aplikasi pihak ketiga dari akun X untuk mencegah pengaktifan kembali otomatis setelah penonaktifan. Langkah-langkahnya termasuk masuk ke "Pengaturan dan Privasi" > "Keamanan dan Akses Akun" > "Aplikasi dan Sesi" > "Aplikasi yang Terhubung" dan memilih "Cabut Izin Aplikasi."

 

Cara Mengaktifkan Kembali Akun X:

Jika berubah pikiran, pengguna dapat mengaktifkan kembali akun hingga 30 hari setelah penonaktifan dengan masuk ke akun dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Panduan lengkap juga mencakup langkah-langkah untuk mengubah pengaturan privasi, menghapus unggahan lama, dan membatalkan langganan Netflix. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement