Jumat 17 Nov 2023 17:39 WIB

Waspadai Kecemasan yang Dipicu Ponsel, Ini 5 Gejalanya

Menggunakan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan masalah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kebiasaan ponsel seseorang bisa menimbulkan tanda-tanda kecemasan berlebih/ Ilustrasi
Foto: The West
Kebiasaan ponsel seseorang bisa menimbulkan tanda-tanda kecemasan berlebih/ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penggunaan ponsel saat ini tentu tidak bisa dihindari. Mulai dari sarana komunikasi dengan orang lain yang sedang berjauhan hingga untuk alat hiburan, ada banyak manfaat yang ditawarkan ponsel cerdas.

Namun penting menjadi bijaksana, karena manusia juga perlu menjalani kehidupan di dunia nyata. Menggunakan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan masalah dari sisi psikologis. 

Baca Juga

Seseorang harus memastikan untuk tidak menggunakannya dengan cara yang membahayakan.  Menurut terapis Carrie Howard, ponsel sebaiknya jangan digunakan dengan cara yang tidak sehat. 

Kebiasaan ponsel seseorang bisa menimbulkan tanda-tanda anxiety (kecemasan) berlebih. Orang bisa kerap menghakimi atau mengkritik diri sendiri. “Biarkan itu menjadi tanda bahwa Anda perlu menetapkan batasan yang sehat dengan ponsel Anda dan belajar beberapa keterampilan mengatasi yang lebih sehat untuk mengatasi kecemasan Anda," kata dia, seperti dilansir dari Hindustan Times, Jumat (17/11/2023).

Berikut tanda-tanda kecemasan akibat penggunaan ponsel yang tidak sehat.

1.Sering menghindari melakukan atau menjawab panggilan

Saking kecanduan ponsel, seseorang justru bisa menghindari beriteraksi dengan orang lain. Hal ini bisa terjadi karena rasa cemas yang tiba-tiba karena harus berurusan dengan orang lain.

 

2.Pura-pura sibuk lewat ponsel

Untuk menghindari lingkungan sekitar, orang berpura-pura sibuk di telepon. Ini adalah mekanisme yang tidak sehat untuk tidak bersosialisasi.

 

3.Scrolling berlebihan

Sering kali orang menghindari kenyataan yang ada dan menggunakan ponsel sebagai pelarian melalui pengguliran (scrolling) yang berlebihan.

 

4.Enggan absen dari media sosial

Terus-menerus memeriksa notifikasi dan selalu ingin berada di media sosial 24x7 karena orangmerasa mungkin ada yang terlewat.

 

5.Merasa harus selalu bergegas membalas pesan

Merasakan kebutuhan mendesak untuk segera membalas pesan atau menggunakan Google untuk menjawab kekhawatiran orang sepanjang waktu adalah tanda-tanda kecemasan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement