Senin 30 Oct 2023 17:31 WIB

Ini Bahan Termahal yang Digunakan dalam Sains 

Materi luar angkasa pertama yang kembali ke Bumi berasal dari program Apollo.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Asteroid (ilustrasi). Segenggam asteroid menghasilkan 132 juta dolar AS per ons, atau 4,7 juta dolar AS per gram.
Foto:

Elemen dan mineral mahal

Beberapa unsur dan mineral mahal karena langka. Unsur-unsur sederhana dalam tabel periodik memiliki harga murah. 

Per ons, karbon memiliki harga sepertiga sen, besi memiliki harga satu sen, dan aluminium berharga 56 sen. Merkuri kurang dari satu dolar (per 100 gram, karbon berharga 2,40 dolar AS, besi berharga kurang dari satu sen, dan aluminium berharga 19 sen). Perak dibanderol dengan harga 14 dolar AS per ons (50 sen per gram), dan emas, 1.900 dolar AS per ons (67 dolar AS per gram). 

Tujuh unsur radioaktif sangat langka di alam dan sangat sulit dibuat di laboratorium sehingga melebihi harga Pengembalian Sampel Mars milik NASA. Polonium-209, yang paling mahal, dibanderol dengan harga 1,4 triliun per ons (49 miliar dolar AS) per gram. 

Batu permata juga bisa mahal. Zamrud berkualitas tinggi harganya 10 kali lipat harga emas, dan berlian putih 100 kali lipat harga emas. Beberapa berlian memiliki pengotor boron yang memberi warna biru cerah. Batu permata ini hanya ditemukan di segelintir tambang di seluruh dunia, dan dengan harga 550 juta dolar AS per ons (19 juta dolar AS per gram), batu permata ini menyaingi harga sampel Mars yang akan datang. Satu ons sama dengan 142 karat, namun sangat sedikit permata yang sebesar itu. 

Bahan sintetis yang paling mahal adalah “sangkar” karbon berbentuk bola kecil dengan atom nitrogen terperangkap di dalamnya. Atom di dalam sangkar itu sangat stabil, sehingga dapat digunakan untuk ketepatan waktu. Fullerene endohedral terbuat dari bahan karbon yang dapat digunakan untuk membuat jam atom yang sangat akurat. Harganya bisa mencapai empat miliar dolar AS per ons (141 juta dolar AS per gram). 

Tetapi, ada yang paling mahal dari semuanya. Antimateri terdapat di alam, namun sangat jarang terjadi karena setiap kali antipartikel tercipta, antipartikel tersebut akan langsung musnah bersama sebuah partikel dan menghasilkan radiasi. 

 

Akselerator partikel di CERN dapat menghasilkan 10 juta antiproton per menit. Kedengarannya sangat banyak, namun pada tingkat tersebut dibutuhkan waktu miliaran tahun dan biaya satu miliar kali satu miliar (1018) dolar AS untuk menghasilkan satu ons (3,5 x 1016 dolar per gram). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement