Jumat 20 Oct 2023 14:06 WIB

Deretan Ponsel Android Terbaik 2023, Apa Saja?

Sejumlah faktor digunakan untuk memilih ponsel android terbaik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung Galaxy S23 Ultra masuk dalam daftar ponsel android premium terbaik.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Samsung Galaxy S23 Ultra masuk dalam daftar ponsel android premium terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Salah satu hal terbaik tentang pasar ponsel Android adalah beragamnya perangkat dan produsen yang dapat dipilih. Meskipun demikian, ketika tiba waktunya untuk mengganti dengan ponsel yang lebih bagus, banyaknya pilihan dapat membuat Anda lebih sulit memilih ponsel yang tepat untuk Anda. 

Melansir laman Engadget, Jumat (20/10/2023), saat memilih ponsel Android favorit, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah performa bagus (komputasi dan AI), tampilan bagus, desain solid, kamera tajam, masa pakai baterai lama, dan komitmen signifikan terhadap dukungan perangkat lunak berkelanjutan. Berikut ini beberapa rekomendasi ponsel android terbaik :

Baca Juga

1. Ponsel Android terbaik secara keseluruhan: Google Pixel 8 Pro

Google membuat beberapa pembaruan signifikan pada jajaran ponsel pintar Pixel-nya yang mendorongnya ke urutan teratas, termasuk menambahkan chip Tensor G3 baru, layar lebih cerah, kamera lebih baik, dan masa pakai baterai lebih lama. Berkat chip Tensor G3, sensor yang diperbarui, dan sejumlah fitur baru yang didukung AI, Google Pixel 8 dan 8 Pro memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan baik untuk fotografi maupun penggunaan sehari-hari. Selain itu, desain yang lebih halus, tampilan yang lebih cerah, masa pakai baterai yang lebih baik, dan peningkatan kinerja, dan ponsel andalan terbaru Google mungkin merupakan ponsel Android paling lengkap di pasaran.

 

2. Ponsel Android kelas menengah terbaik: OnePlus 11

Bagi mereka yang menginginkan ponsel dengan layar besar, kamera luar biasa, dan performa hebat, tetapi dengan harga lebih murah dari ponsel andalan tradisional, OnePlus 11 memberikan keseimbangan yang baik antara ponsel beranggaran rendah dan perangkat yang lebih premium. Dalam banyak hal, OnePlus 11 seperti Galaxy S23+ yang lebih terjangkau . Anda tidak hanya mendapatkan layar 6,7 inci 120Hz yang serupa, tetapi juga dilengkapi chip Snapdragon 8 Gen 2 yang cepat dan baterai besar 5.000 mAh. Sementara itu, berkat pengisian daya kabel 100 watt dari OnePlus, pengisian dayanya lebih cepat dibandingkan ponsel mana pun dari Google atau Samsung. 

 

3. Ponsel Android anggaran terbaik: Google Pixel 7a

Pixel 7a seharga Rp 7,9 juta memberikan semua yang kami cari dalam ponsel Android hebat dan terjangkau. Fitur baru termasuk chip Tensor G2 yang lebih cepat, tampilan 90Hz yang lebih mulus, dan untuk pertama kalinya di salah satu ponsel seri A Google: dukungan untuk pengisian daya nirkabel. Dan dengan desain baru dengan ketahanan air IP67, tampilan dan rasanya seperti Pixel 7 standar, tetapi dengan harga lebih murah Rp 1,5 juta. Anda juga mendapatkan dukungan luar biasa berkat pembaruan keamanan selama lima tahun dan pembaruan perangkat lunak setidaknya selama tiga tahun. Satu-satunya kekurangan Pixel 7a agak kecil dan termasuk kurangnya lensa zoom khusus dan tidak ada dukungan untuk mmWave 5G.

 

4. Ponsel Android premium terbaik: Samsung Galaxy S23 Ultra

Galaxy S23 Ultra mungkin sangat mahal, tetapi ia memiliki hampir semua yang Anda inginkan atau butuhkan dalam sebuah smartphone. dengan harga mulai Rp 19 juta, Galaxy S23 Ultra sangat mahal, namun memiliki performa luar biasa, sistem kamera hebat, dan hampir semua yang Anda inginkan atau perlukan dalam sebuah smartphone. Spesifikasinya mencakup layar OLED besar 6,8 inci dengan kecepatan refresh adaptif 120Hz, total lima kamera (utama, ultra lebar, zoom 3x, zoom 10x, dan kamera selfie) dan stylus S Pen internal untuk menggambar dan pencatatan. Ia juga dilengkapi baterai besar 5.000 mAh yang memberikan waktu pengoperasian terlama yang pernah kami lihat di ponsel mana pun. 

 

5. Ponsel Android lipat terbaik: Samsung Galaxy Z Fold 5

Meskipun persaingan dengan Pixel Fold meningkat , bagi orang-orang yang ingin memaksimalkan produktivitas seluler mereka, Samsung Galaxy Z Fold 5 masih menjadi ponsel lipat besar terbaik di pasar. Pada model terbaru, Samsung tidak hanya menambahkan dua gerakan baru untuk meluncurkan multitasking berdampingan atau beralih dari aplikasi layar penuh ke aplikasi berjendela, namun juga meningkatkan jumlah aplikasi terbaru yang dapat Anda lihat di taskbar dari dua. ke empat. Chipset Snapdragon 8 Gen 2 pada Z Fold 5 juga menghadirkan kinerja yang lebih cepat dibandingkan Pixel Fold, dan meskipun ponsel Samsung ini memiliki sel daya yang lebih kecil (4.400 mAh vs 4.800 mAh), ponsel ini juga memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Namun perubahan terbesar pada generasi ini adalah Engsel Flex baru dari Samsung, yang memungkinkan ponsel menutup sepenuhnya dan membuatnya lebih tipis saat boot. Sayangnya, sistem kameranya sebagian besar tidak berubah dibandingkan tahun lalu, dan dengan harga mulai dari Rp 28,5 juta, Z Fold 5 bahkan tidak terlalu terjangkau

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement