Senin 16 Oct 2023 15:06 WIB

Mengapa Waktu Cepat Sekali Berlalu? Ini Penjelasannya

Seiring bertambahnya usia, jumlah peristiwa yang membekas di benak itu lebih sedikit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Seiring pertambahan usia, ketika seseorang beranjak dewasa dengan berbagai tanggung jawab yang dimiliki, terbersit perasaan bahwa waktu berjalan semakin cepat./ilustrasi
Foto:

Seiring bertambahnya usia, jumlah peristiwa yang membekas di benak itu lebih sedikit, bahkan jarang. Lustig menjelaskan, otak pun punya kecenderungan menggabungkan hari dan pekan yang serupa, sehingga seolah semua menyatu. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang dapat mengingat sesuatu yang telah mereka lakukan sekali, bukan ratusan kali.

Ada teori lain yang beredar di komunitas ilmiah, dipaparkan oleh Adrian Bejan dari Duke University. Bejan menyatakan bahwa waktu yang terkesan terlalu lekas, disebabkan oleh penuaan otak. Hal itu termuat dalam penelitiannya yang dirilis pada 2019.

Paparannya menyebutkan, persepsi manusia tentang pengalaman hidup mungkin berubah seiring bertambahnya usia. Sementara, otak memerlukan lebih banyak waktu untuk memproses gambaran mental baru. Selama bertahun-tahun, struktur ini menjadi lebih kompleks dan akhirnya mulai terdegradasi.

Hal tersebut menciptakan lebih banyak hambatan terhadap sinyal listrik yang diterima otak. Sebaliknya, pada awal kehidupan, otak dapat menerima informasi baru secara cepat, sehingga memungkinkan otak memproses lebih banyak informasi dalam periode yang sama.

Itu membuat hari-hari terasa lebih lama dibandingkan di kemudian hari. Menurut Bejan, perubahan fisik pada saraf dan neuron yang termasuk fitur neueologis utama, berperan besar dalam persepsi seseorang terhadap waktu, seiring bertambahnya usia.

 

Tidak semua pakar sepakat dengan hasil riset Bejan, dan itu memang masih ada di tataran teori. Salah satu yang dikritisi dari sudut pandang Bejan adalah argumen bahwa panjang saraf optik terkait dengan ukuran kepala, yang disebut kurang begitu akurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement