Sabtu 14 Oct 2023 17:25 WIB

Tak Muncul Foto dan Video di Galeri Ponsel dari WhatsApp, Ini Cara Memperbaikinya

Ada beberapa penyebab foto dan video dari WhatsApp tak muncul di galeri HP.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aplikasi WhatsApp (ilustrasi). Ada cara yang bisa dilakukan apabila foto dan video dari WhatsApp tidak muncul di galeri HP.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Aplikasi WhatsApp (ilustrasi). Ada cara yang bisa dilakukan apabila foto dan video dari WhatsApp tidak muncul di galeri HP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara umum, biasanya foto, video, dan media lain yang dibagikan lewat aplikasi WhatsApp akan langsung disimpan ke folder WhatsApp di aplikasi Galeri atau Foto di Android dan iOS. Sayangnya, terkadang file-file ini sulit ditemukan, hilang, atau gagal diunduh.

Dikutip dari laman Lifewire, Jumat (13/10/2023), bisa jadi ada beberapa penyebab gangguan penyimpanan media WhatsApp tersebut. Misalnya, karena pengaturan aplikasi yang salah, hilangnya konektivitas wifi atau seluler, atau SD Card yang rusak maupun tak terbaca. 

Baca Juga

Mencari di lokasi atau folder yang salah juga merupakan penyebab umum "hilangnya" berkas media WhatsApp. Bergantung pada penyebabnya, ada beberapa cara memperbaiki semua masalah WhatsApp, baik itu di ponsel pintar atau tablet Android dan iOS.

Pastikan sudah memeriksa folder yang benar di galeri ponsel. Foto dan media lain yang diunduh dari WhatsApp tidak masuk ke folder "Unduhan" atau "Gambar", tetapi ada dalam folder khusus bernama WhatsApp. Letaknya ada di folder "Penyimpanan Internal" pada gawai.

Cara lain, aktifkan opsi simpan otomatis default WhatsApp. Ini merupakan metode termudah untuk menyimpan semua media dari percakapan WhatsApp secara otomatis ke aplikasi Rol Kamera atau Galeri perangkat. Di iOS, aktifkan opsi ini dengan membuka Pengaturan WhatsApp > Obrolan > Simpan ke Rol Kamera. Di Android, klik Pengaturan > Penyimpanan dan data > Unduh otomatis media. Periksa secara manual media mana yang ingin diunduh di berbagai koneksi seluler atau internet.

Bisa juga mengatasi masalah foto dari WhatsApp tak muncul di galeri dengan mengaktifkan visibilitas media. Untuk memastikan gambar dari WhatsApp disalin ke Galeri di penjelajah file, buka Pengaturan > Obrolan, dan periksa apakah visibilitas media telah aktif atau belum.

Jika ada berkas media dari pengguna atau percakapan grup tertentu tidak muncul di perangkat, buka obrolan dengan pengguna tersebut. Ketuk nama profilnya lalu pilih Visibilitas Media > Ya > OK. Jika Ya sudah dipilih, gambar akan otomatis muncul di galeri.

Di iPhone, aktifkan pengaturan pengunduhan pengguna atau grup tertentu. Pengunduhan otomatis media mungkin telah dinonaktifkan untuk pengguna atau grup tertentu. Untuk memeriksanya, ketuk namanya dan pastikan mengatur opsi "Simpan ke Rol Kamera" sudah dalam pilihan default.

Solusi lain yakni dengan memeriksa koneksi internet. Jika menyetel preferensi pengunduhan media WhatsApp ke Wi-Fi saja, dan Wi-Fi dimatikan atau terhubung melalui sinyal 3G, 4G, atau 5G penyedia seluler, kemungkinan media memang belum diunggah. Demikian pula jika pengguna mengatur unggahan media hanya melalui sambungan seluler. Unggahan tersebut mungkin tidak dimulai saat pengguna tersambung ke internet rumah atau kantor.

Metode berikutnya yakni dengan mengosongkan ruang penyimpanan. Pasalnya, WhatsApp tidak akan mengunduh sejumlah media jika ruang penyimpanannya tidak cukup. Periksa pula apakah SD Card masih berfungsi dengan baik. SD Card yang rusak dapat mencegah aplikasi menyimpan data. Nonaktifkan mode read-only yang mencegah data baru masuk ke SD Card.

Pengguna WhatsApp juga sebaiknya memeriksa zona waktu perangkat. Apabila waktu di tablet atau ponsel cerdas tidak sesuai dengan lokasi di dunia nyata, WhatsApp dapat menonaktifkan pengunduhan gambar, video, dan media lainnya.  Sebaiknya, atur perangkat mendeteksi waktu yang tepat secara otomatis.

Saat berbagai cara itu belum berhasil, simpan foto dari WhatsApp secara manual. Caranya, ketuk ikon bagikan pada file di aplikasi WhatsApp, yang memungkinkan penyimpanan secara manual.  Ini juga memberi opsi untuk mengirimkannya ke lokasi lain di perangkat atau mengirimkannya ke aplikasi yang terhubung seperti Dropbox, OneDrive, atau aplikasi perpesanan media sosial.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement