Jumat 06 Oct 2023 17:19 WIB

Atasi Masalah Ponsel Terlalu Panas, Apple Rilis Pembaruan IOS 17

Masalah panas berlebih telah dikeluhkan pengguna.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple telah meluncurkan pembaruan iOS versi 17.0.3 yang hanya berselang sepekan setelah rilis iOS 17.0.2. Tampaknya mereka berharap pembaruan ini dapat mengatasi panas berlebih/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Apple telah meluncurkan pembaruan iOS versi 17.0.3 yang hanya berselang sepekan setelah rilis iOS 17.0.2. Tampaknya mereka berharap pembaruan ini dapat mengatasi panas berlebih/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Apple telah meluncurkan pembaruan iOS versi 17.0.3 yang hanya berselang sepekan setelah rilis iOS 17.0.2. Tampaknya mereka berharap pembaruan ini dapat mengatasi overheating atau panas berlebih yang banyak dikeluhkan pengguna.

Pada saat yang sama, pengguna iPad kini dapat memanfaatkan iPadOS 17.0.3 yang diperbarui. Untuk mendapatkan pembaruan ini di iPhone atau iPad yang kompatibel, cukup navigasikan ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Baca Juga

Iterasi terbaru ini, iOS 17.0.3 (build 21A360), mengatasi masalah mencolok pada model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang baru saja diluncurkan.

Masalah panas berlebih telah dikeluhkan pengguna, menyebabkan beberapa perangkat mati karena panas. Apple mengakui bug ini akhir bulan lalu dan menjanjikan perbaikan melalui pembaruan iOS 17.

Selain itu, aplikasi tertentu diketahui membebani chip A17 Pro, sehingga memperburuk masalah pembuangan panas. Aplikasi itu termasuk Instagram dan Uber. Namun Apple berkolaborasi dengan pengembang aplikasi untuk mengoptimalkan masalah ini.

Melansir dari GizChina, Jumat (6/10/2023), Apple menegaskan bahwa masalah panas berlebih akan teratasi dengan pembaruan ini, dan bingkai titanium pada iPhone 15 Pro tidak bisa disalahkan.

Analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo berpendapat, masalah panas berlebih mungkin berasal dari kompromi yang dilakukan dalam desain sistem termal. Ia mengusulkan bahwa satu-satunya solusi yang layak adalah dengan membatasi kinerja prosesor.

Apple telah menyatakan niatnya untuk membiarkan chip A17 Pro tidak berubah: dengan menyatakan bahwa komposisi titanium dan aluminium pada iPhone 15 Pro menawarkan pembuangan panas yang lebih unggul, dibandingkan model berbingkai baja tahan karat sebelumnya.

Selain mengatasi masalah panas berlebih, iOS 17.0.3 dan iPadOS 17.0.3 juga mengatasi kerentanan kernel yang kritis. Kerentanan ini berpotensi memberikan hak istimewa yang lebih tinggi kepada pelaku kejahatan.

Apple telah mengakui bahwa penyerang mengeksploitasi kelemahan keamanan ini di versi iOS sebelumnya sebelum iOS 16.6.

Kesimpulannya, respons cepat Apple terhadap keluhan pengguna mengenai masalah panas berlebih dan pembaruan keamanan yang cepat, menunjukkan komitmen mereka untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar dan aman bagi semua pengguna iOS dan iPadOS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement