Senin 02 Oct 2023 15:50 WIB

Pilih Mana iPhone 15 atau iPhone 14? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

Ada sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli iPhone 15.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika Anda saat ini memiliki iPhone 14 atau iPhone 14 Plus, Anda mungkin tidak perlu melakukan pembaruan ke iPhone 15 atau iPhone 15 Plus/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/IDREES MOHAMMED
Jika Anda saat ini memiliki iPhone 14 atau iPhone 14 Plus, Anda mungkin tidak perlu melakukan pembaruan ke iPhone 15 atau iPhone 15 Plus/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pada 2023, Apple meluncurkan iPhone 15 dengan klaim bahwa ini adalah iPhone terbaik yang pernah ada. Meskipun demikian, bagi pemilik iPhone 14, bukan berarti saatnya untuk mengganti ponsel.

Seri iPhone 14 adalah ponsel cerdas yang sangat mumpuni, dan meskipun iPhone 15 yang lebih baru menawarkan berbagai peningkatan dan fitur bagus, tidak semua perbedaannya mungkin begitu signifikan. The Express merinci semua perbedaan antara iPhone 15 dan iPhone 14, serta memberikan saran dari para ahli tentang apakah Anda harus melakukan pembaruan atau tidak.

Baca Juga

Lantas, apa perbedaan utama antara iPhone 15 dan iPhone 14?

1. Desain

Ukuran dan berat keduanya hampir sama, dengan iPhone 15 hanya 1 gram lebih ringan dari iPhone 14. iPhone 15 memiliki bagian belakang dengan lapisan kaca matte, sementara iPhone 14 memiliki kaca mengkilap yang cenderung menarik sidik jari. Kedua ponsel tahan air dan debu (IP68), serta kompatibel dengan MagSafe.

 

2. Layar

Ponsel iPhone 15 dilengkapi dengan Dynamic Island, yang merupakan area interaktif di bagian atas layar yang memungkinkan penampilkan widget interaktif. Layar iPhone 15 lebih cerah dengan kecerahan puncak 2.000 nits, sedangkan iPhone 14 memiliki kecerahan puncak 1.200 nits. Keduanya menggunakan teknologi koreksi warna True Tone.

 

3. Kamera

Seri iPhone 15 memiliki sensor kamera utama 48MP, sementara iPhone 14 hanya memiliki sensor 12MP. iPhone 15 mampu mengambil foto dengan resolusi yang sangat tinggi dan memiliki kualitas zoom yang lebih baik.

 

4. Performa dan Spesifikasi

Ponsel iPhone 15 dilengkapi dengan chipset A16 Bionic, sedangkan iPhone 14 menggunakan A15 Bionic. Keduanya memiliki performa yang sangat baik, cocok untuk tugas sehari-hari dan tahan lama.

 

5. Baterai dan Pengisian Daya

Keduanya memiliki rating pemutaran video hingga 20 jam. Pengisian daya untuk keduanya tetap pada 20W, meskipun iPhone 15 menggunakan port USB-C, sementara iPhone 14 masih menggunakan port Lightning.

 

 

6. Harga

Ponsel iPhone 14 tersedia dengan harga yang lebih terjangkau, dengan model standar dijual sekitar Rp 13 juta. Sedangkan iPhone 15, meskipun lebih mahal, menawarkan beberapa pembaruan yang signifikan.

Jika Anda saat ini memiliki iPhone 14 atau iPhone 14 Plus, Anda mungkin tidak perlu melakukan pembaruan ke iPhone 15 atau iPhone 15 Plus, kecuali Anda sangat tertarik pada peningkatan kamera 48MP yang signifikan. Pengalaman sehari-hari Anda tidak akan berubah secara dramatis.

Namun, jika Anda memiliki iPhone yang lebih lama seperti 13, 12, atau 11, maka iPhone 15 akan terasa seperti pembaruan yang lebih besar. Dynamic Island, lapisan kaca matte, dan port USB-C membuatnya terasa lebih segar. Selain itu, kemungkinan akan mendapatkan dukungan perangkat lunak tambahan selama beberapa tahun ke depan. Namun, yang terpenting adalah mempertimbangkan anggaran dan apakah peningkatan fitur pada iPhone 15 sepadan dengan biayanya. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement