Senin 09 Oct 2023 09:37 WIB

Banyak Fitur Pesan Baru di iOS 17, Mau Coba?

Apple kembali menghadirkan beberapa perubahan signifikan melalui iOS 17.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Setelah memperbarui sistem operasi iPhone ke iOS 17, pengguna akan menemukan beberapa fitur baru pada aplikasi Message. /ilustrasi
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Setelah memperbarui sistem operasi iPhone ke iOS 17, pengguna akan menemukan beberapa fitur baru pada aplikasi Message. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sistem operasi iOS 17 kini sudah tersedia untuk semua gawai iPhone yang dirilis dalam lima tahun terakhir. Seperti pada perilisan iOS sebelumnya, Apple kembali menghadirkan beberapa perubahan signifikan melalui iOS 17. Salah satu perubahan besar ini bisa ditemukan pada aplikasi berpesan di iPhone.

Setelah memperbarui sistem operasi iPhone ke iOS 17, pengguna akan menemukan beberapa fitur baru pada aplikasi Message. Fitur-fitur baru ini dapat menghadirkan pengalaman berkirim pesan yang lebih baik bagi para pengguna. Berikut ini adalah fitur-fitur tersebut, seperti dilansir GizChina pada Senin (9/10/23).

Baca Juga

 

Transkripsi Pesan Suara

Mengirim pesan suara merupakan cara yang cepat untuk membalas sebuah pesan. Akan tetapi, sebagian pengguna mungkin tidak begitu suka untuk menerima pesan dalam bentuk suara. Dengan iOS 17, semua pesan suara yang diterima oleh pengguna akan dilengkapi dengan teks transkripsi di bagian bawahnya. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengetahui isi pesan suara tanpa harus menekan tombol play atau putar pada layar. Fitur ini akan aktif secara default setelah pengguna menggunakan iOS 17.

 

Check In

Fitur Check In memungkinkan pengguna untuk memberitahu orang-orang terdekat bahwa mereka sudah sampai di suatu tempat tujuan. Fitur ini juga dapat membantu pengguna untuk berbagi estimasi waktu ketibaan mereka di suatu tempat kepada orang-orang atau kontak-kontak yang mereka percaya.

Selain itu, fitur Check In bisa memberikan tanda peringatan bila pengguna tidak muncul di tempat tujuan pada waktu yang telah diperkirakan sebelumnya. Untuk mengaktivasi fitur ini, pengguna dapat memilih tombol plus yang ada di samping kotak penulisan pesan. Setelah itu, pilih Check In dan pilih salah satu dari dua opsi yaitu "After a timer" atau "When I arrive".

Opsi "When I arrive" memungkinkan pengguna untuk memilih lokasi tujuan dan moda transportasi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Nantinya, pengguna akan mendapatkan estimasi waktu untuk tiba di lokasi tujuan. Bila pengguna tidak sampai ke lokasi tujuan sesuai waktu yang diprediksikan, aplikasi akan menghubungi pengguna.

Sedangkan opsi "After a timer" memungkinkan pengguna untuk memilih durasi waktu sendiri. Aplikasi akan mengecek keberadaan pengguna setelah periode waktu tersebut berlalu. Bila pengguna tidak merespons dalam waktu 15 menit setelah notifikasi dari aplikasi muncul, aplikasi akan secara otomatis menghubungi dan mengirim peringatan kepada kontak terpercaya yang sudah dipilih oleh pengguna sebelumnya.

Selain menerima notifikasi peringatan, kontak terpercaya juga akan menerima informasi mengenai lokasi terakhir, sisa daya baterai ponsel, serta sinyal ponsel pengguna. Pesan peringatan juga akan dikirimkan ke kontak terpercaya bila ponsel pengguna non aktif untuk waktu yang lama.

 

Berbagi Lokasi

Aplikasi Message pada iOS 17 memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi dengan lebih optimal. Pengguna bisa berbagi lokasi mereka secara real time kepada orang lain tanpa harus membuka Apple Maps atau Find My App.

Untuk berbagi lokasi lewat aplikasi Message, pengguna cukup menekan tombol plus yang ada di samping kotak penulisan pesan, lalu pilih "Location" atau Lokasi. Secara default, lokasi yang akan dibagikan merupakan lokasi real time. Akan tetapi, pengguna juga bisa memilih beberapa opsi periode berbagi lokasi, mulai dari satu jam, sampai hari berakhir, atau tanpa batas.

Cara lain untuk berbagi lokasi terkini adalah dengan menekan ikon pin dan memilih "Send Pin". Akan tetapi, fitur ini tak bisa memperbarui lokasi pengguna secara berkala dan real time.

 

Filter Pencarian

Pengguna kini bisa mencari pesan dengan menggunakan lebih dari satu filter atau kata kunci di waktu yang bersamaan. Untuk mencari pesan, pengguna cukup melakukan swipe down pada daftar percakapan utama, pilih search box yang muncul di bagian atas, lalu ketik kata kunci yang diinginkan dan atur filter sesuai kebutuhan.

 

Mengatur Posisi Aplikasi

Melalui iOS 17, Apple telah memindahkan sejumlah aplikasi mini yang hadir dalam aplikasi Message ke si kiri kotak penulisan pesan. Aplikasi mini ini terdiri dari Music, Photos, Stickers, Audio, hingga Location. Posisi beragam aplikasi mini ini bisa diatur sesuai keinginan pengguna dengan cara menekan dan menggeser ikonnya.

 

Navigasi Mudah dan Balasan Cepat

Pengguna mungkin sering mendapati kelompok chat mereka dipenuhi oleh banyak pesan baru yang belum mereka baca. Dengan iOS versi lama, pengguna harus melakukan scroll secara manual untuk melihat semua pesan baru yang belum mereka baca. Namun dengan iOS 17, pengguna bisa dengan mudah melakukan scroll ke bagian pesan yang mereka belum baca hanya dengan menekan ikon tanda panah di kanan layar. Fitur ini tak hanya bekerja pada grup chat tetapi juga pada chat pribadi.

Selain itu, iOS 17 turut mempermudah pengguna untuk membalas pesan. Bila ingin membalas pesan dengan cepat, pengguna cukup menggeser pesan yang ingin mereka balas ke arah kanan.

 

Penghapusan Pesan Verifikasi Otomatis

Pengguna yang kerap memanfaatkan fitur verifikasi dua langkah pasti sering menerima pesan verifikasi dari berbagai aplikasi. Pesan-pesan berisi kode ini bisa memenuhi aplikasi berpesan seiring dengan berjalannya waktu. Dengan iOS 17, berbagai pesan verifikasi ini akan terhapus secara otomatis setelah pengguna selesai memakainya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement