Rabu 04 Oct 2023 13:22 WIB

Menuding Terlibat Nazi, Elon Musk Dituntut Pencemaran Nama Baik

Elon Musk mendapat tuntutan hukum baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Elon Musk dituding mencemarkan nama baik seorang pria asal California, AS.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Elon Musk dituding mencemarkan nama baik seorang pria asal California, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Elon Musk mendapat tuntutan hukum baru pada Senin (2/10/2023). Gugatan tersebut menuduh Musk mencemarkan nama baik seorang pria California setelah pemilik X (sebelumnya Twitter) mengklaim bahwa lulusan perguruan tinggi baru-baru ini adalah agen federal yang beroperasi secara rahasia dengan organisasi neo-Nazi di Pacific Northwest. 

Anggota kelompok tersebut, yang dikenal sebagai Rose City Nationalists, dilepas maskernya saat terjadi perkelahian di sebuah acara di Oregon. Ketika cuplikan dari acara tersebut muncul daring, beberapa pengguna X salah mengidentifikasi salah satu pria yang terlibat dalam insiden tersebut sebagai Benjamin Brody. 

Baca Juga

Dilansir Techcrunch, Rabu (4/10/2023), Brody adalah pria berusia 22 tahun yang tergabung dalam persaudaraan Yahudi dan sebelumnya mengatakan di situs persaudaraan tersebut bahwa dia menginginkan pekerjaan di pemerintah. 

Musk memperkuat klaim palsu tentang X pada saat itu. Dia menggambarkan insiden tersebut— dan dugaan keterlibatan Brody— sebagai “situasi yang mungkin salah.” Ketika Musk masuk ke dalam teori konspirasi palsu, kehadiran dia yang besar di platform tersebut mengakibatkan banjir kebencian terhadap Brody. 

Menurut gugatan tersebut, Brody dan keluarganya “berulang kali dikutuk dan mengalami gelombang pelecehan yang sangat besar dari orang asing yang suka berkelahi.” 

“Dua pekan setelah pernyataan Musk, jelas bagi Brody bahwa reputasinya telah rusak parah dan banyak orang percaya bahwa dia adalah seorang neo-Nazi atau seorang provokator yang terlibat dalam ‘psyop’ yang menipu untuk melakukan terorisme politik,” gugatan itu berbunyi. 

Ini bukan pertama kalinya Musk digugat karena pencemaran nama baik karena pernyataannya yang ceroboh dan menghasut. Penyelam gua asal Inggris, Vernon Unsworth, menggugat Musk karena memanggilnya “pria pedo” selama perdebatan sengit yang berpusat pada operasi penyelamatan anak-anak yang terjebak di sebuah gua di Thailand pada tahun 2018. Musk akhirnya menang di pengadilan pada tahun 2019. 

Gugatan terhadap Musk ini dipimpin oleh Mark Bankston. Dia adalah pengacara yang sama yang menuntut Alex Jones di pengadilan setelah tokoh media sayap kanan itu menyebarkan konspirasi Sandy Hook selama bertahun-tahun. 

Jones kalah dalam banyak kasus pencemaran nama baik dan akhirnya diperintahkan untuk membayar ganti rugi lebih dari satu miliar dolar kepada keluarga korban Sandy Hook yang masih hidup. 

Bankston menulis di utas panjang di X. “Hari ini, saya dengan bangga mengumumkan bahwa saya telah mengajukan gugatan terhadap penyebar informasi palsu terkenal lainnya: Pemilik platform ini, Elon Musk,” tulis Bankston di utas panjang di X. 

“Musk tidak akan berhenti sampai seseorang menghentikannya. Tampaknya tanggung jawab kini berada di tangan seorang pria pemalu berusia 22 tahun yang hidupnya terguncang oleh perilaku ceroboh Musk.” 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement