Selasa 03 Oct 2023 16:02 WIB

Kapsul Berisi Sampel Asteroid Berhasil Dibuka, Ternyata Begini Isinya

Ada material berwarna hitam tersebut tampak lebih halus, hampir seperti kotoran.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tim NASA berhasil membuka kapsul berisi sampel asteroid Bennu.
Foto: NASA
Tim NASA berhasil membuka kapsul berisi sampel asteroid Bennu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Kapsul luar angkasa OSIRIS-REx milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang mengirimkan sampel asteroid sekitar 200 juta mil jauhnya sudah menghasilkan kejutan. Staf badan tersebut membuka kapsul ruang angkasa dan menemukan bahwa bagian dalam tutupnya dilapisi dengan bahan hitam misterius, memaksa mereka untuk menghentikan pekerjaan. 

Berbeda dengan segenggam batu dan debu yang diambil dari permukaan asteroid, material berwarna hitam tersebut tampak lebih halus, hampir seperti kotoran yang melapisi mobil kotor. 

Baca Juga

NASA mengatakan materi tersebut akan menjalani 'analisis sekilas' untuk mengetahui apa sebenarnya materi tersebut, namun seorang ilmuwan telah mempertimbangkannya sebelum keputusan resmi dikeluarkan.  

Melansir MailOnline, Selasa (3/10/2023), Dr Brad Tucker, ahli astrofisika di Australian National University di Canberra, mengatakan debu halus tersebut kemungkinan juga merupakan material dari asteroid. “Kotoran asteroid sangat gelap dan baik-baik saja,” kata Dr Tucker kepada MailOnline.

Ketika OSIRIS-REx melakukan manuver sentuh-dan-pergi untuk mengambil sampel, ada banyak hal yang membuat penutupnya tidak dapat ditutup. NASA mengakui sesaat setelah pengambilan pada Oktober 2020 bahwa material asteroid dari OSIRIS-REx bocor karena ada batu yang terjepit di mekanismenya.  "Akhirnya mereka membereskannya, jadi sepertinya ini adalah debu dan tanah," tambah Dr Tucker. 

Profesor Trevor Ireland, ahli geokimia di Universitas Queensland, setuju bahwa debu hitam muncul selama pengumpulan sampel. “Di bawah gaya berat mikro, tidak ada yang bisa menghentikan debu menyebar ke mana-mana, dan mungkin juga kembali ke pesawat ruang angkasa,” katanya kepada MailOnline.  

Sejak sampel tersebut kembali ke Bumi pada hari Minggu, NASA hanya membuka tutup atas kapsul, sementara segenggam batu dari Bennu disimpan di komponen lain yang lebih kecil di dalamnya yang harus dibuka. 

Kargo berharga tersebut diperkirakan berjumlah 8,8 ons, atau 250 gram material batuan, hanya sekitar setengah dari apa yang Anda temukan dalam sekotak sereal berukuran standar.

Namun NASA berpendapat hal itu akan cukup untuk mengungkap rahasia tentang komposisi asteroid dan 'membantu kita lebih memahami jenis asteroid yang dapat mengancam Bumi'.  

Kerikil dan debu dari Bennu, yang mungkin menghantam Bumi pada tahun 2182, mewakili tangkapan terbesar dari luar bulan.  

Pada bulan September 2016, pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida dan baru tiba di Bennu pada bulan Desember 2018. Setelah memetakan asteroid selama hampir dua tahun, ia mengumpulkan sampel dari permukaan pada 20 Oktober 2020 sebelum kembali ke rumah, menempuh perjalanan pulang pergi sejauh 3,86 miliar mil.

Pesawat yang berisi sampel berharga itu mendarat di lahan militer terpencil di negara bagian Utah bagian barat pada hari Ahad. Dalam waktu dua jam setelah mendarat, kapsul tersebut berada di dalam ruang bersih sementara di Defense Department's Utah Test and Training dan telah diangkat ke sana dengan helikopter. 

Kapsul tersebut kemudian diterbangkan ke Pusat Antariksa Johnson NASA di Houston, Texas , di mana para ahli yang mengenakan pakaian pelindung membuka tutup awal kapsul pada hari Selasa dan menemukan debu hitam. "Para ilmuwan menemukan debu hitam dan puing-puing di dek avionik tabung sains OSIRIS-REx ketika penutup awal dilepas," ungkap pihak NASA  dalam sebuah pernyataan.

Operasi ini dilakukan di laboratorium baru yang dirancang khusus untuk misi OSIRIS-REx. "Tutup aluminium telah dilepas di dalam glovebox yang dirancang untuk memungkinkan bekerja dengan perangkat keras berukuran besar."

Dalam beberapa minggu ke depan, para ilmuwan akan membongkar seluruh kapsul, mengekstraksi dan menimbang sampel, menginventarisasi batuan dan debu, dan kemudian mendistribusikan potongan Bennu kepada para ilmuwan di seluruh dunia. 

Seperempat sampel akan diberikan kepada lebih dari 200 orang dari 38 institusi yang tersebar secara global, termasuk tim ilmuwan dari Universitas Manchester dan Museum Sejarah Alam di London, Inggris. 

Analisis akan membantu para peneliti lebih memahami pembentukan tata surya dan bagaimana bumi bisa dihuni. 

Hal ini karena batuan luar angkasa berpotensi memberikan gambaran seperti apa planet-planet tersebut pada saat pembentukannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement