Selasa 19 Sep 2023 13:15 WIB

Apple Luncurkan iOS 17, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Upgrade

Tidak semua perangkat iPhone mendapatkan akses ke iOS 17 tahun ini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple mengonfirmasi pekan lalu bahwa pembaruan perangkat lunak iOS 17 telah dirilis Senin (18/9/2023).
Foto: EPA
Apple mengonfirmasi pekan lalu bahwa pembaruan perangkat lunak iOS 17 telah dirilis Senin (18/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Apple mengonfirmasi pekan lalu bahwa pembaruan perangkat lunak iOS 17 telah dirilis Senin (18/9/2023). Ini adalah peningkatan besar yang mencakup fitur-fitur baru seperti Mode Siaga, panggilan FaceTime yang ditingkatkan, Stiker Live, dan cara yang lebih mudah untuk berbagi detail kontak dengan pengguna sesama pengguna iPhone.

Meskipun tanggalnya telah ditetapkan secara resmi, Apple tidak pernah mengungkapkan waktu spesifik untuk peluncuran iOS ini. Dilansir Mirror, Selasa (19/9/2023), petunjuk perilisan bisa dilihat dari rilis perangkat lunak sebelumnya, untuk memiliki pencerahan tentang kapan rilis iOS 17 tepatnya. iOS 17 diperkirakan akan tersedia pada pukul 18.00 BST atau pukul 00.00 WIB.

Baca Juga

Untuk memeriksa apakah iPhone sudah memiliki akses, maka cukup menuju ke menu pengaturan dan ketuk Umum dan Pembaruan Perangkat Lunak. Setelah iOS 17 diluncurkan, pengguna akan melihat perangkat lunak tersedia untuk diunduh dan dipasang.

Sayangnya, tidak semua perangkat mendapatkan akses ke iOS 17 tahun ini karena ponsel pintar termasuk iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X tidak kompatibel. Mengingat usianya dan tidak memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk mengikuti perangkat terbaru.

Ponsel iPhone yang akan bisa mengakses iOS 17 di antaranya seri iPhone 11 hingga terakhir iPhone 14, serta termasuk pula iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, serta iPhone SE (generasi ke-2 atau lebih baru).

Jika iPhone Anda ada dalam daftar tersebut, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan perangkat telah siap menginstal iOS 17.

Pertama, kemungkinan besar filenya sangat besar, jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk mengosongkan sebagian ruang di perangkat Anda untuk memastikan iPhone memiliki cukup ruang untuk mengunduh. Pembaruan iOS 16 tahun lalu berukuran hampir 3 GB, jadi kemungkinan iOS 17 akan serupa.

Selanjutnya, sebaiknya sambungkan ke Wi-Fi jika ingin mengunduh pada saat tepat peluncuran di pukul 00.00 WIB. Karena mengunduh file sebesar itu melalui jaringan seluler tidak hanya akan lambat, tetapi juga menghabiskan penggunaan data.

Terakhir, ada baiknya Anda mencadangkan iPhone sekarang agar tidak perlu melakukannya lagi nanti. Ini selalu merupakan ide bagus untuk memastikan data tersimpan ke cloud sebelum melakukan pembaruan apa pun, untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan.

Anda dapat menemukan semua fitur iOS 17 terbaik di sini, dengan beberapa fitur favorit mencakup StandBy yang mengubah layar menjadi jam mini, bingkai foto, dan kalender saat tidak digunakan.

Kartu kontak memungkinkan Anda menambahkan beberapa gaya pada panggilan telepon, dan kini ada beberapa animasi menyenangkan termasuk kembang api yang tampak seperti CGI di latar belakang obrolan video.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement