Senin 18 Sep 2023 16:09 WIB

Menyusul Apple, Nantikan Segera Kehadiran Ajang Microsoft

Microsoft memilih untuk tidak melakukan siaran langsung.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Semua mata tertuju pada acara Microsoft Surface dan AI yang berlangsung pada 21 September di Kota New York, Amerika Serikat (AS)./ilustrasi
Foto: ©Mashable
Semua mata tertuju pada acara Microsoft Surface dan AI yang berlangsung pada 21 September di Kota New York, Amerika Serikat (AS)./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK CITY — Semua mata tertuju pada acara Microsoft Surface dan AI yang berlangsung pada 21 September di Kota New York, Amerika Serikat (AS). Seperti yang kita ketahui, acara peluncuran musim gugur Microsoft biasanya membawa produk Surface baru dan pembaruan signifikan dalam bidang kecerdasan buatan (AI).

Pada acara musim gugur Microsoft tahun lalu, perusahaan memperkenalkan sejumlah produk baru, termasuk Surface Laptop 5, Surface Pro 9, Surface Studio 2+, dan dua aksesori Surface yang dirancang untuk memaksimalkan pengalaman rapat hibrida. Tahun ini, penggemar teknologi dapat mengantisipasi hal yang serupa dari sektor AI, dengan peluncuran beberapa produk Surface baru, seperti model two-in-one, laptop, dan beragam aksesori, serta sejumlah fitur dan layanan yang ditenagai oleh AI. Setidaknya, penggemar teknologi bisa berharap Microsoft membuat fitur-fitur AI yang sebelumnya diumumkan akhirnya.

Baca Juga

Keyakinan ini datang dari Corporate VP & Consumer Chief Marketing Officer di Microsoft, Yusuf Mehdi yang hampir secara eksplisit mengonfirmasi melalui unggahannya di platform X (sebelumnya Twitter) bahwa lebih banyak inovasi AI akan diungkapkan selama acara pada 21 September mendatang. Namun, berbeda dengan acara peluncuran Apple yang disiarkan langsung untuk publik, Microsoft memilih untuk tidak melakukan siaran langsung.

Sebaliknya, mereka akan mengumumkan berita sepanjang hari dengan pers. Sebelum acara tersebut, berikut detail apa yang dapat diharapkan dari segi perangkat keras dan perangkat lunak dilansir ZDNet, Senin (18/9/2023).

1. Surface Laptop Studio 2

Kemungkinan besar Microsoft merilis penerus dari Surface Laptop Studio, dengan peningkatan seperti lebih banyak port dan pembaruan prosesor dan GPU.

 

2. Surface Laptop Go 3

Sebagai model entry-level, penggemar teknologi berharap pembaruan dalam hal daya tahan baterai, kualitas webcam, dan kinerja tampilan.

 

3. Surface Go 4

Tablet Surface Go yang baru juga akan mengalami pembaruan, dengan fokus pada perbaikan daya tahan baterai dan performa.

 

4. Surface Pro 10

Diperkirakan akan ada model Surface Pro baru dengan pilihan ukuran layar yang lebih besar dan desain yang lebih ramping.

 

5. Aksesori Surface Baru

Microsoft mungkin akan mengumumkan aksesori baru yang dirancang khusus untuk lini Surface.

 

Perangkat Lunak yang Diharapkan:

1. Plugin Pihak Ketiga di Bing Chat

Pengumuman tentang ketersediaan lebih banyak plugin pihak ketiga untuk Bing Chat yang akan meningkatkan fungsionalitas chatbot Microsoft.

 

2. Ketersediaan ChatGPT dengan Dukungan Bing

Bing Chat akan menjadi pengalaman pencarian default untuk ChatGPT, memungkinkannya mengakses informasi web dengan menggunakan mesin pencari Bing. Ini kemungkinan akan tersedia secara gratis melalui penggunaan plugin Bing.

 

3. Integrasi AI di Windows 11

Rumor tentang pembenahan AI di Windows 11, dengan berbagai fitur generatif yang terintegrasi di aplikasi utama seperti Foto, Snipping Tool, dan Paint. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi objek dalam gambar, menggabungkan OCR ke alat Snipping, dan lebih banyak lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement