Senin 18 Sep 2023 15:59 WIB

Atasi Masalah Radiasi iPhone 12, Apple Rilis Pembaruan Ini

Prancis menyebutkan iPhone 12 melebihi tingkat radiasi yang sesuai.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple sedang mempersiapkan pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi dugaan masalah radiasi pada iPhone 12 setelah regulator Prancis menyatakan iPhone tersebut melebihi tingkat radiasi yang sesuai.
Foto: cnet
Apple sedang mempersiapkan pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi dugaan masalah radiasi pada iPhone 12 setelah regulator Prancis menyatakan iPhone tersebut melebihi tingkat radiasi yang sesuai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple sedang mempersiapkan pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi dugaan masalah radiasi pada iPhone 12 setelah regulator Prancis menyatakan iPhone tersebut melebihi tingkat radiasi yang sesuai. Prancis berhenti menjual ponsel pintar tersebut setelah mendapat rekomendasi dari pengawas radiasi negara tersebut (ANFR).

Namun, Apple membantah tuduhan tersebut dan tampaknya memberikan tanggung jawab pada protokol pengujian di Prancis. Oleh karena itu, Apple telah menegaskan kembali bahwa ini bukan masalah keamanan dan mencatat iPhone telah disertifikasi oleh beberapa badan internasional karena memenuhi standar radiasi global. 

Baca Juga

Pembaruan perangkat lunak tidak akan menyesuaikan tingkat radiasi karena ini akan menjadi masalah perangkat keras. Namun, itu akan mengakomodasi protokol yang digunakan oleh regulator Perancis. Jadi sepertinya Apple berpendapat bahwa patch perangkat lunak akan cukup untuk memungkinkan iPhone 12 melewati uji radiasi di masa depan dengan mengatakan bahwa mereka berharap iPhone 12 terus tersedia di Prancis.

Dilansir Engadget, Senin (18/9/2023), Prancis memang mengubah peraturannya pada tahun 2020. Prancis menambahkan pertimbangan untuk ekstremitas ketika menguji tingkat radiasi dan laju energi frekuensi radio yang diserap oleh tubuh dengan menggunakan peralatan tertentu. 

Hal ini disebut Tingkat Penyerapan Spesifik (SAR.) Selama pengujian SAR yang terbaru dilakukan, regulator menemukan bahwa iPhone 12 melebihi tingkat penyerapan energi normal saat memegang ponsel.

Belgia dan Denmark sama-sama membantu Apple dalam hal ini. Menteri Digitalisasi Belgia, Mathieu Michel, mengatakan pengujian lokal meyakinkan dan merekomendasikan agar penjualan tidak ditangguhkan. Otoritas Keamanan Denmark juga mengikuti langkah tersebut dan menyatakan bahwa mereka tidak memiliki kekhawatiran mengenai tingkat radiasi iPhone 12. 

Pakar industri juga menyatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan tidak ada risiko luka bakar atau sengatan panas yang berasal dari radiasi ponsel. Prancis mengatakan perbaikan perangkat lunak Apple seharusnya memadai dan mereka akan melanjutkan pengujian segera setelah perangkat lunak tersebut tiba. Apple secara rutin merilis pembaruan perangkat lunak untuk iPhone-nya sehingga pembaruan tersebut akan segera muncul dalam waktu dekat. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement