Senin 18 Sep 2023 12:26 WIB

Jangan Buru-Buru Beli, Ini 3 Alasan Tunda Beli iPhone 15 Hingga Tahun Depan

Ada alasan kuat untuk menunda membeli iPhone hingga tahun depan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Prapemesanan iPhone 15 dimulai pada 1 September 2023, iPhone 15 dan jajaran produk andalan baru akan tersedia di rak-rak toko pada 22 September 2023.
Foto: EPA-EFE/JOHN G MABANGLO
Prapemesanan iPhone 15 dimulai pada 1 September 2023, iPhone 15 dan jajaran produk andalan baru akan tersedia di rak-rak toko pada 22 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tahan dan bersabar. Tampilan titanium iPhone 15 memang menakjubkan, tombol tindakan yang dapat disesuaikan dan kemampuan video spasial, memang terus membuat kepikiran.

Namun, lebih baik menunggu beberapa bulan lagi sebelum membongkar tabungan untuk membeli iPhone 15 baru yang menggoda. Pra-pemesanan dimulai pada 1 September 2023, iPhone 15 dan jajaran produk andalan baru akan tersedia di rak-rak toko pada 22 September 2023.

Baca Juga

Jika ponsel rusak dan harus segera beli, maka ambil model terbaru untuk dipakai sendiri. Namun, jika bisa bersabar hanya untuk meng-upgrade, berikut ini tiga alasan mengapa harus mempertimbangkan untuk menunda pembelian iPhone 15 hingga tahun depan.

1. Ada warna baru iPhone 15 yang mungkin diluncurkan tahun depan

Tahun lalu, model iPhone 14 hadir dalam enam warna, midnight, starlight, biru, ungu, dan merah. Penggemar warna kuning yang sudah membeli iPhone 14 pasti heboh saat Apple merilis varian baru iPhone 14 dengan rona lemon pada 7 Maret 2023.

Tentu saja, sebagian besar pengguna membeli iPhone mereka dengan casing, tetapi bagi pecinta warna kuning pasti ingin memiliki sentuhan warna yang disukai pada ponsel pribadi. Jika tidak ingin menyesal, tunggu hingga Apple memperkenalkan iPhone 15 pada musim semi mendatang. Mungkin akan ada warna favorit kita.

 

2. Pembeli hari pertama saat peluncuran termasuk kelinci percobaan

Pembeli hari pertama dengan sengaja mengambil risiko yang mungkin tidak harus ditanggung. Contohnya, beberapa hari setelah Apple meluncurkan model iPhone 14 Pro ke pelanggan, laporan tentang masalah ‘guncangan kamera’ mulai menumpuk.

Gelombang pengguna mengeklaim bahwa kamera lebar 48 megapiksel baru itu bergetar tak terkendali saat mencoba menggunakan aplikasi media sosial pihak ketiga, termasuk Snapchat, TikTok, dan Instagram. Menurut 9to5Mac, Senin (18/9/2023), masalah ini kemungkinan besar merupakan bug perangkat lunak (aplikasi tidak siap menangani peningkatan kamera baru iPhone 14 Pro).

Para pakar menduga stabilisasi gambar optik ponsel menjadi kacau, menyebabkan modul kamera bergetar hebat. Untungnya, Apple mengakui masalah ini dalam sebuah pernyataan, dan perusahaan dengan cepat memperbaiki bug kamera dengan pembaruan perangkat lunak.

 

3. Saksikan dulu peluncuran ponsel andalan lainnya

Jika benar-benar ingin memiliki iPhone (mungkin kita akan terkunci di ekosistem Apple, atau itu adalah hadiah untuk loyalis iDevice), silakan beli iPhone 15. Namun, jika kita agnostik dalam hal ini ponsel iOS dan Android (yaitu tidak memiliki kesetiaan pada keduanya), pertimbangkan untuk menunggu hingga tahun depan.

Seri Google Pixel 8 terbaru (termasuk Pixel 8 dan Pixel 8 Pro), diperkirakan akan debut pada awal Oktober 2023 ini. Dan jika Samsung mengikuti irama tahun-tahun sebelumnya, lini Samsung Galaxy S23 generasi berikutnya kemungkinan besar akan dirilis pada Februari 2023.

Jika salah satu ponsel tersebut akhirnya meluncurkan fitur yang lebih bermanfaat bagi gaya hidup dan alur kerja kita, mungkin kita akan menyesali pembelian iPhone 15. Berikan kesempatan kepada Google, Samsung, dan raksasa ponsel merek besar lainnya untuk membujuk kita menjauh dari lini andalan Apple.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement