Jumat 08 Sep 2023 23:41 WIB

Cara Mudah Screenshot di iPhone

Logo Apple di bagian belakang ponsel dapat digunakan untuk screenshot.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Petugas menunjukan seri iPhone 14 Pro. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan tangkapan layar pada iPhone.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menunjukan seri iPhone 14 Pro. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan tangkapan layar pada iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengambil tangkapan layar atau screenshot adalah salah satu cara terbaik jika Anda ingin membagikan kode QR atau menyimpan tanda terima. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di iPhone Anda, apa pun model yang Anda miliki. 

Faktanya, logo Apple di bagian belakang ponsel Anda pun dapat digunakan untuk menangkap layar Anda. Berikut cara mengambil tangkapan layar di iPhone:

Baca Juga

1. Cara mengambil tangkapan layar tanpa tombol Home

Di iPhone terbaru, tekan tombol volume atas dan tombol daya secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar. Pratinjau akan muncul di sudut kanan bawah. Dari sana, Anda dapat mengekliknya untuk membuka gambar atau Anda dapat menemukannya di folder Screenshot di aplikasi Foto. 

2. Cara mengambil tangkapan layar dengan tombol Home

Dilansir Engadget, Jumat  (8/9/2023), iPhone SE, iPhone Apple paling terjangkau, masih dilengkapi dengan tombol home. Untuk model ini, tahan tombol home dan tombol power secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar. Anda akan melihat pratinjau kecil di layar setelahnya dan gambarnya dapat ditemukan di aplikasi Foto. 

3. Cara mengambil tangkapan layar dengan AssistiveTouch

AssistiveTouch menutupi kekurangan tombol beranda fisik di iPhone baru. Fitur ini memungkinkan Anda memiliki tombol beranda virtual di layar yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. 

Untuk mengaturnya, masuk ke Pengaturan, pilih Aksesibilitas lalu Sentuh. Alihkan AssistiveTouch untuk menyalakannya dan pilih ketuk dua kali atau tiga kali. Gerakan ini memungkinkan Anda menggunakan tombol beranda virtual untuk mengambil tangkapan layar dengan mengetuk tombol dua atau tiga kali. 

4. Cara mengambil tangkapan layar bergulir

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar seluruh situs web, tahan tombol daya dan volume atas untuk mengakses editor. Pilih Halaman Penuh lalu edit foto sesuai keinginan Anda. 

5. Gunakan back tap 

Mirip dengan ponsel Google Pixel, iPhone juga memiliki fitur back-tap yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. Masuk saja ke pengaturan aksesibilitas Anda, pilih sentuh lalu ketuk kembali. Pilih ketuk dua kali atau tiga kali dan pilih tindakan (tangkapan layar) yang ingin Anda kaitkan dengan isyarat tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement