Rabu 06 Sep 2023 15:34 WIB

Sebelum iPhone 15 Meluncur, Ini 5 Trik Atasi Ponsel Jadul Lemot

Trik sederhana untuk mempercepat iPhone lama adalah menghentikan aplikasi tertentu,

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sebelum iPhone 15 terbaru meluncur, ada sejumlah trik untuk mengatasi iPhone lama yang kinerjanya melambat/ilustrasi
Foto: BGR
Sebelum iPhone 15 terbaru meluncur, ada sejumlah trik untuk mengatasi iPhone lama yang kinerjanya melambat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dengan semakin dekatnya peluncuran iPhone 15, pemilik iPhone lama bersiap menghadapi perangkat mereka yang melambat. Namun ada beberapa trik untuk mengatasi perlambatan yang ditakuti tersebut.

Apple sebelumnya menghadapi denda dan penyelesaian 115 juta dolar AS atas kontroversi 'batterygate’, di mana ponsel lama sengaja dibuat lamban, meskipun Apple mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk menghemat baterainya.

Baca Juga

Penggemar Apple telah lama meyakini bahwa pembaruan iOS (khususnya pembaruan pada saat peluncuran ponsel baru) dapat memperlambat perangkat lama. Namun ada beberapa langkah yang harus diambil, menurut seorang pakar perbaikan ponsel kepada Daily Mail, Rabu (6/9/2023).

Berikut lima langkah yang bisa dilakukan:

1. Setop aplikasi yang memperlambat kinerja ponsel

“iPhone saat ini berisi lebih banyak aplikasi dibandingkan sebelumnya dan jika Anda memasang banyak aplikasi, aplikasi tersebut dapat memperlambat perangkat Anda,” kata Kewin Charron, Senior Lead Refurbishment Operations Manager di Back Market, dikutip dari laman Daily Mail.

Trik sederhana untuk mempercepat iPhone lama adalah dengan masuk ke Pengaturan> Umum> Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan pilih Wi-Fi, Wi-Fi & Data Seluler, atau Mati untuk menghentikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang sepenuhnya.

 

2. Periksa kesehatan baterai 

Baterai yang lebih baru pun dapat mengalami kegagalan fungsi jika rusak atau digunakan secara berlebihan. Jika menggunakan iPhone 6 atau lebih baru (dengan versi iOS terbaru), buka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai untuk melihat kapasitas maksimum baterai Anda. Ini harus berada di antara 0 dan 100 persen.

Charron mengatakan baterai khas Apple harus mampu bertahan hingga 80 persen dari kapasitas aslinya. Seiring bertambahnya usia baterai, persentase ini mungkin menurun, sehingga baterai tidak mampu lagi mengisi dayanya. Jika di bawah itu, maka harus mempertimbangkan untuk memperbaiki dan mengganti baterainya.

 

3. Periksa kinerja puncak

Ada statistik lain dalam menu iPhone yang patut untuk diperhatikan. Di bawah segmen kesehatan Baterai, ada baiknya juga melihat 'Kapasitas Kinerja Puncak. Metrik khusus ini memberikan informasi berharga tentang status kinerja baterai, yang menunjukkan apakah baterai beroperasi dengan benar atau tidak. Jika melihat ada kerusakan pada baterai, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih penggantinya.

 

4. Periksa kapasitas penyimpanan

Dengan penyimpanan penuh atau hampir penuh mengakibatkan berkurangnya memori yang tersedia dan berdampak pada kinerja CPU, sehingga bisa memperlambat ponsel. iPhone memerlukan sekitar 10 persen penyimpanan yang tersedia untuk cache dan file sementara yang memfasilitasi kelancaran pengoperasian aplikasi dan pembaruan perangkat lunak.

Untuk meningkatkan kecepatan iPhone, alokasikan waktu untuk meninjau aplikasi yang diinstal dan menghapus instalan aplikasi yang tidak lagi diperlukan. Pilih-pilih foto dan video lama dan hapus konten yang tidak perlu.

 

5. Kembali ke setting awal

Jika ponsel tidak merespons dengan kiat sebelumnya, kembalikan ke pengaturan default, yaitu seperti sebelum Anda mulai menggunakannya. Hal ini dapat menghapus data 'tersembunyi' yang bisa memperlambat perangkat Anda.

Pertama-tama buat cadangan data ponsel. Kemudian, kembalikan perangkat ke pengaturan default sebelum menerapkan kembali cadangan. Proses ini menghapus data cache dan mengosongkan penyimpanan 'lainnya' ponsel. Alternatifnya, hapus instalan lalu instal ulang aplikasi tertentu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement