Ahad 03 Sep 2023 09:21 WIB

Kiat Praktis Bersihkan Speaker iPhone, Cukup Pakai Sikat Gigi dan Selotip

Sikat gigi bisa digunakan untjk membersihkan speaker ponsel.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada cara sederhana untuk membersihkan speaker iPhone yaitu dengan menggunakan selotip dan sikat gigi.
Foto: gsmarena
Ada cara sederhana untuk membersihkan speaker iPhone yaitu dengan menggunakan selotip dan sikat gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pengguna iPhone tentu tidak ingin mengambil risiko ponsel terkena cairan di area yang tidak semestinya, atau merusak lapisan oleophobic pada kaca layar sentuh ponsel/tablet mereka. Speaker/grill speaker di bagian bawah iPhone, misalnya, rentan terganggu fungsinya.

Lubang-lubang kecil di dalamnya tidak dapat terlihat jelas, sehingga perlu hati-hati saat membersihkannya. Ternyata peralatan khusus tidak diperlukan. Faktanya, satu-satunya peralatan yang diperlukan mungkin sudah tersedia di setiap rumah. Anda hanya membutuhkan sikat gigi dan selotip.

Baca Juga

Ya, sikat gigi bisa digunakan untjk membersihkan speaker iPhone. Khususnya, sikat gigi berbulu lembut yang bersih dan kering, lebih disarankan sikat gigi baru yang dapat digunakan untuk keperluan non-pembersihan gigi di masa mendatang. 

Dalam hal ini, kurang lebih itulah yang didukung Apple. Dikutip dari Slash Gear, Ahad (3/9/2023), saran pembersihan speaker Apple menyatakan bahwa, ‘jika suara teredam keluar dari speaker, Anda dapat "bila perlu, membersihkan lubang speaker atau receiver dengan sikat kecil berbulu lembut".

Petunjuknya cukup sederhana, yaitu dengan menyikat lubang speaker dengan lembut, sebaiknya dengan posisi miring untuk memastikan bahwa sikat benar-benar menghilangkan kotoran dan bukannya tersangkut di dalam. Setelah yakin bahwa teknik menyikat sudah selesai, ambil selotip Scotch atau selotip pelukis, tempelkan pada grill speaker, lalu lepaskan beberapa detik kemudian, karena ini akan membantu mengambil sebagian dari kotoran yang tersisa. 

Jika memang terlihat ada serpihan pada selotip, ada baiknya mengambil selotip tambahan dengan selotip baru hingga tidak ada lagi serpihan yang terangkat pada setiap selotip baru.

Sebagai alternatif, alih-alih menggunakan selotip, Anda juga bisa menggunakan dempul pembersih pada bagian proses pasca-penyikatan. Idealnya, sebaiknya gunakan merek yang dirancang khusus agar aman digunakan pada speaker iPhone, seperti AirSquares.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement