Jumat 01 Sep 2023 11:28 WIB

Ajang "Wonderlust" Apple Diprediksi Lebih Seru, Ada Apa Saja?

Para analis berpendapat ajang Wonderlust tahun ini akan lebih seru.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Acara Wonderlust Apple dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 12 September 2023. Apple sudah mengirimkan undangan kepada para tamu dua pekan sebelumnya./ilustrasi
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Acara Wonderlust Apple dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 12 September 2023. Apple sudah mengirimkan undangan kepada para tamu dua pekan sebelumnya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Tak sampai dua pekan lagi, Apple akan menggelar acara akbar tahunannya. Pada momen itu, bakal diluncurkan empat varian iPhone 15, meski namanya belum dikonfirmasi secara resmi oleh Apple. Analis berpendapat ajang itu akan lebih seru dari tahun lalu.

Dikutip dari laman Mashable SEA, Jumat (1/9/2023), acara "Wonderlust" besutan Apple dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 12 September 2023. Apple sudah mengirimkan undangan kepada para tamu dua pekan sebelumnya. 

Baca Juga

Kegiatan akan dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat dan akan berlangsung sekitar satu jam, jika memang durasinya sama dengan acara di tahun sebelumnya. Selain digelar secara luring, acara juga akan disiarkan di situs web Apple dan di YouTube.

Memang belum ada informasi resmi dari Apple mengenai perangkat dan pembaruan apa saja yang bakal hadir di ajang tersebut. Namun, berkat banyaknya rumor dan laporan, para analis menganggap ada banyak hal bagus yang bisa diharapkan di acara Apple tahun ini.

Tahun lalu, Apple mengejutkan semua orang dengan kehadiran fitur Dynamic Island di iPhone, sebuah cara cerdik mengubah area layar ponsel yang mati menjadi fitur yang menyenangkan dan serbaguna. Namun, fitur itu hanya diperuntukkan bagi model Pro.

Inovasi tersebut menjadikan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sebagai salah satu peningkatan yang paling tidak menarik untuk model dasar iPhone dalam beberapa waktu terakhir. Tahun ini, ada kemungkinan Apple akan mengubah kebijakannya terkait fitur tersebut.

Rumor mengatakan bahwa keempat model iPhone baru – iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max (yang mungkin berganti nama menjadi Ultra) akan memiliki Dynamic Island. Ini akan jadi daya tarik, meski model Pro diprediksi tetap akan menonjol.

Model iPhone baru ini diprediksi masih punya tampilan mirip dengan sebelumnya, tapi akan ada tombol "aksi" baru, kaca depan yang sedikit lebih melengkung di bagian depan, dan sasis titanium pada model Pro. Tombol baru yang rumornya dihadirkan akan memberi pengguna lebih banyak opsi untuk mengatur perintah khusus, menggantikan tombol mute.

Ada banyak indikasi bahwa iPhone baru akan hadir dengan port USB-C tahun ini. Peningkatan lainnya termasuk chip A17 baru (hanya untuk model Pro), kamera telefoto bergaya periskop pada iPhone 15 Pro Max, kecepatan pengisian daya yang lebih cepat, dan peningkatan keseluruhan pada semua kamera model baru.

Peluncuran iPhone 15 akan bertepatan dengan peluncuran iOS 17 yang saat ini tersedia sebagai software beta. Biasanya, iPhone baru dirilis sekitar sepekan setelah peluncuran. Tahun ini, banyak analis menyebut iPhone 15 Pro Max akan hadir beberapa pekan lebih lambat dibandingkan model lainnya.

Tahun lalu, Apple memperbarui Apple Watch ke Seri 8, meluncurkan Apple Watch SE baru, dan memperkenalkan Apple Watch Ultra baru. SE biasanya diperbarui setiap dua tahun sekali, jadi tahun ini mungkin tidak akan ada pembaruan. Apple Watch Series 9 adalah pilihan yang cukup aman, dan Apple Watch Ultra generasi kedua juga bisa menjadi pilihan.

Terkait jam tangan baru Apple, kemungkinan akan ada chip baru di dalamnya, yang menghadirkan pengoperasian lebih cepat dan (berpotensi) meningkatkan masa pakai baterai. Apple juga agaknya sedang mempertimbangkan untuk menambahkan sensor baru ke Apple Watch, termasuk sensor tekanan darah, tetapi itu mungkin baru akan dirilis tahun depan. 

Mengenai Apple Watch Ultra yang diperbarui, jika itu benar-benar terjadi, kemungkinan akan hadir dengan prosesor yang lebih cepat dan, mungkin, opsi “titanium hitam” baru. Kemungkinan lain, akan ada pembaruan AirPods dan iPad.

AirPods Max belum diperbarui sejak diluncurkan pada 2020, jadi ada kemungkinan versi barunya dihaditkan pada acara mendatang. Begitu juga kemungkinan pengungkapan informasi perilisan headset realitas virtual Vision Pro.

Terakhir, soal iPad mini, yang terakhir diperbarui pada peluncuran iPhone 13 pada 2021. Ada kemungkinan iPad mini bisa menjadi sorotan tahun ini, meskipun belum ada banyak informasi tentang potensi perubahan pada perangkat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement