Kamis 31 Aug 2023 12:26 WIB

Ajang Wonderlust Apple, Apa Saja yang Menarik?

Apple kemungkinan akan mengumumkan produk baru dan sejumlah pembaruan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Acara besar Apple yang bernama
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Acara besar Apple yang bernama "Wonderlust" segera berlangsung di Apple Park di Cupertino, California, Amerika Serikat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara besar Apple yang bernama "Wonderlust" segera berlangsung di Apple Park di Cupertino, California, Amerika Serikat. Kegiatan akan berlangsung pada Selasa, 12 September 2023 pukul satu siang waktu setempat.

Dikutip dari laman The Verge, Kamis (31/8/2023), seperti halnya acara sebelumnya, Apple kemungkinan akan mengumumkan produk baru dan sejumlah pembaruan. Salah satunya, jajaran iPhone 15 yang dirumorkan kompatibel dengan USB-C.

Baca Juga

Seri ponsel baru iPhone 15 diharapkan hadir dengan port yang banyak digunakan tersebut, bukan konektor Lightning milik Apple. Tahun lalu, Apple sudah mengonfirmasi akan beralih ke USB-C untuk perangkatnya yang akan datang, guna mematuhi peraturan Uni Eropa.

Semua ponsel di jajaran iPhone 15 dilaporkan akan mendapatkan port USB-C. Namun, analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan hanya model Pro dan Pro Max di jajaran iPhone 15 yang akan mendapatkan keuntungan dari kecepatan transfer data yang lebih tinggi. 

Kedua model premium tersebut diprediksi akan hadir dengan USB 3.2 atau Thunderbolt 3. Sementara, iPhone 15 dan 15 Plus akan mendukung USB 2.0. Semua model iPhone 15 akan memiliki tingkat pengisian daya 35W yang lebih cepat berkat peralihan tersebut.

Analis rantai pasokan Ross Young melaporkan tahun lalu bahwa semua model iPhone 15 akan hadir dengan Dynamic Island. Ini merupakan perubahan dari apa yang ditawarkan Apple saat ini, karena hanya menyertakan potongan berbentuk pil pada iPhone 14 Pro dan Pro Max. 

Kali ini, perubahan paling signifikan yang diduga bakal ada pada iPhone 15 Pro dan Pro Max adalah bingkai titanium, bezel lebih tipis, dan harga yang berpotensi lebih mahal. Kedua model premium tersebut mungkin juga hadir dengan tombol serupa Apple Watch Ultra.

Tombol itu menggantikan tombol mute dan memungkinkan pengguna menetapkan pintasan ke berbagai aplikasi dan utilitas. Rumor awal menyebutkan bahwa Apple akan mengganti pengatur volume dan tombol daya pada iPhone 15 Pro dan Pro Max dengan tombol solid-state.

IPhone 15 Pro Max mungkin juga akan mengalami rebranding, dengan perubahan nama menjadi "Ultra". Perubahan yang mungkin didapat secara eksklusif pada iPhone 15 Max (atau Ultra) itu adalah lensa periskop dengan zoom optik hingga enam kali.

Konsumen pun bisa mengantisipasi banyak varian warna di lini iPhone 15 Pro, yakni warna baru titan grey dan biru tua. Sedangkan, iPhone 15 standar dikabarkan hadir dalam berbagai varian warna seperti hitam, hijau, biru, kuning, dan merah muda.

Selain iPhone 15, Apple juga kemungkinan akan mengungkap jajaran jam tangan pintar terbaru, meski tidak akan ada banyak perubahan fitur dari seri sebelumnya. Tak banyak yang diketahui tentang pembaruan pada Apple Watch Ultra premium selain penambahan casing titanium yang lebih gelap.

Rumor menunjukkan bahwa Watch Series 9 akan hadir dengan prosesor S9 yang diperbarui. Chip S9 itu didasarkan pada prosesor A15 yang diperkenalkan Apple di iPhone 13. Hal ini memungkinkan efisiensi lebih dan daya tahan baterai lebih baik jika dibandingkan pendahulunya, yang dilengkapi dengan chip S8.

Pembaruan kecil lainnya yang diharapkan hadir pada Watch Series 9 mencakup opsi warna merah muda dan opsi tali jam dengan gesper magnetis. Sedangkan, Watch SE baru kemungkinan tidak diungkap pada acara tahun ini, karena produk itu tampaknya berada dalam siklus penyegaran dua tahunan dan telah diperbarui tahun lalu.

Hal lain yang bisa diharapkan di acara Apple mendatang adalah perilisan AirPods dengan wadah pengisi daya yang dilengkapi USB-C. Jika demikian, itu akan sesuai dengan prediksi analis tahun lalu. Namun, belum diketahui apakah Apple akan membuat pembaruan AirPods atau hanya memperbarui casing pengisi dayanya.

Analis meninjau bahwa Apple dapat merilis AirPods generasi keempatnya pada paruh kedua tahun 2024 atau paruh pertama tahun 2025. Saat itu, Apple mungkin akan meluncurkan AirPods baru yang lebih murah.

Sementara, jika Apple memutuskan untuk merilis AirPods generasi keempat tahun ini, kemungkinan chip H2 akan disertakan dengan AirPods Pro yang dirilis tahun lalu. Pembaruan itu berpotensi menawarkan peningkatan pada masa pakai baterai dan kualitas suara.

Penggemar produk Apple pun bisa mengharapkan pengumuman tanggal rilis untuk iOS 17 dan watchOS 10 selama acara Apple mendatang. Sedangkan, iPadOS 17 dan macOS Sonoma mungkin baru akan muncul hingga akhir musim gugur ini, sejalan dengan pola peluncuran Apple belakanhan.

Namun, versi beta untuk masing-masing sistem operasi tersebut telah dirilis, memberi gambaran tentang apa yang dapat diharapkan. Sistem operasi iOS 17 hadir dengan peningkatan seperti mode siaga, transkripsi pesan suara, dan aplikasi jurnal. MacOS Sonoma menambahkan widget, mode permainan, dan profil di Safari.

Untuk iPadOS 17, Apple menambahkan layar kunci yang dipersonalisasi, widget interaktif, aplikasi kesehatan, dan dukungan untuk webcam dan kamera USB eksternal. Apple juga meluncurkan pembaruan untuk Stage Manager, yang menyesuaikan ukuran dan orientasi setiap jendela di layar perangkat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement