Selasa 29 Aug 2023 11:40 WIB

Tawaran iPad Pro Apple Baru: Punya Layar Lebih Besar

Model iPad Pro mendatang kemungkinan akan memakai panel layar OLED.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Model iPad Pro mendatang kemungkinan akan memakai panel layar OLED, serta dilengkapi chipset dan aksesori baru./ilustrasi
Foto: Reuters/Michael Dalder
Model iPad Pro mendatang kemungkinan akan memakai panel layar OLED, serta dilengkapi chipset dan aksesori baru./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Model iPad Pro berikutnya dari Apple dikabarkan akan memiliki ukuran layar yang lebih besar. Menurut analis Apple dari Bloomberg, Mark Gurman, model iPad Pro mendatang kemungkinan akan memakai panel layar OLED, serta dilengkapi chipset dan aksesori baru.

Dikutip dari laman India Today, Selasa (29/8/2023), Gurman mengulas rencana Apple meningkatkan jajaran iPad Pro dengan teknologi teranyar, yang hadir pada awal 2024 nanti. Dia memprediksi, iPad Pro akan tetap tersedia dalam dua ukuran, termasuk ukuran 11 inci.   

Baca Juga

Namun, akan hadir pula iPad yang lebih besar akan menampilkan layar 13 inci yang relatif lebih besar, dibandingkan layar 12,9 inci yang sudah ada. Dalam buletin Power On terbarunya, Gurman menambahkan bahwa tablet Pro baru mungkin punya SoC M3 yang ditingkatkan.

Apple juga diperkirakan menggunakan teknologi panel layar OLED, demi meningkatkan pengalaman menonton dengan warna yang lebih kaya. Umumnya, layar OLED mereproduksi warna cerah dan hitam pekat, serta membantu menghemat baterai karena setiap piksel dikelola secara individual.

Buletin Gurman tidak menyoroti perubahan besar pada desain, meskipun mengklaim bahwa Apple mungkin menyegarkan aksesori Magic Keyboard. "Aksesori baru ini membuat iPad Pro terlihat lebih mirip laptop dibandingkan pengaturan saat ini dan menambahkan trackpad yang lebih besar," tulis Gurman.

Menurutnya, kehadiran aksesori itu bakal menjawab keluhan pengguna terhadap Magic Keyboard yang ada saat ini, yang mulai diperkenalkan pada 2020. Pertanyaannya, mengapa Apple perlu memberlakukan peningkatan besar-besaran pada iPad Pro-nya?

Jawabannya, Apple, seperti halnya Original Equipment Manufacture (OEM) tablet lainnya, sedang kesulitan dalam penjualan. Angka penjualan PC dan tablet tercatat telah menurun secara global selama beberapa kuartal terakhir.

Selain itu, pelanggan juga mungkin merasa bingung untuk memilih antara Mac dan iPad. Meskipun, terdapat perbedaan yang jelas antara keduanya, seperti layar sentuh dan pengalaman perangkat lunak.  

Jajaran iPad Pro juga mungkin membingungkan pelanggan, karena kedua model Pro sangat berbeda dalam hal teknologi tampilan. Selain itu, perbedaan harga antara keduanya cukup signifikan.

Harga iPad Pro 11 inci dijual mulai Rp 15 jutaan, sementara, iPad Pro 12,9 inci dijual mulai Rp 20 jutaan. Meskipun memiliki chipset yang kuat, MacBook Air mungkin terlihat lebih serbaguna dibandingkan iPad.

Diinformasikan Gurman, momen peluncuran besar perangkat Apple berikutnya mungkin terjadi pada 12 September 2023. Konsumen dapat mengharapkan peluncuran model iPhone baru, seperti iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Semua iPhone baru diharapkan memiliki port USB-C untuk pengisian daya. Ponsel iPhone 15 dan iPhone 15 Plus reguler mungkin juga mengusung notch layar baru. Selain itu, Apple mungkin meluncurkan model jam tangan baru pada 12 September 2023.

Ada juga peluncuran lain yang dijadwalkan pada bulan Oktober 2023, kemungkinan besar untuk Mac M3 pertama. Akan tetapi, ini mungkin merupakan peluncuran terbatas dan bukan acara berskala besar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement