Kamis 31 Aug 2023 13:40 WIB

Ini Dia Ponsel Pintar Terpopuler di Dunia, Anda Punya?

Apple mengirimkan total 26,5 juta unit iPhone 14 Pro Max.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Merujuk pada data paruh pertama 2023,  iPhone 14 Pro Max adalah ponsel pintar terpopuler di dunia.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Merujuk pada data paruh pertama 2023, iPhone 14 Pro Max adalah ponsel pintar terpopuler di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tahun 2023 atau setidaknya paruh pertama laporan Omdia menunjukkan bahwa iPhone 14 Pro Max adalah ponsel pintar terpopuler di dunia. Khususnya, iPhone 14 Pro Max juga merupakan iPhone termahal yang bisa dibeli. 

“iPhone 14 Pro Max adalah ponsel pintar yang paling dikirim di seluruh dunia pada paruh pertama tahun ini, dengan Apple mengirimkan total 26,5 juta unit,” kata pelacak pasar model ponsel pintar Omdia, dilansir Times of India, Kamis (31/8/2023).  

Baca Juga

Merujuk pada data untuk paruh pertama tahun 2023, laporan Omdia itu juga menyoroti bahwa pasar ponsel pintar global mencatat pertumbuhan negatif. Menurut perusahaan tersebut, hal ini terutama disebabkan oleh menyusutnya pasar kelas menengah ke bawah akibat resesi ekonomi dan perluasan pasar ponsel pintar bekas. 

Di sisi lain, pasar ponsel pintar premium terus meningkat karena permintaan pengganti model premium Apple tetap kuat. Laporan tersebut mencatat seiring dengan meningkatnya preferensi terhadap Apple sebagai ponsel pintar premium, terutama di pasar negara berkembang, volume penjualan dan proporsi model kelas atas seperti Pro dan Max terus meningkat di antara seri iPhone Apple. 

Prakiraan tahun depan juga tidak terlalu bagus untuk pasar ponsel pintar. Manajer Riset Senior, Omdia, Jusy Hong mengatakan kemerosotan pasar kelas menengah ke bawah diperkirakan akan terus berlanjut hingga paruh kedua tahun ini, dan peningkatan porsi pasar premium diperkirakan akan terus berlanjut pada paruh kedua tahun ini dengan diluncurkannya seri iPhone 15 yang baru.

Hong mengatakan Apple akan melihat tren serupa untuk iPhone. “Pengiriman Apple Pro dan Pro Max akan meningkat karena kuatnya permintaan untuk model premium, namun secara keseluruhan pengiriman iPhone tahun ini akan serupa dengan tahun lalu atau sedikit menurun karena lemahnya permintaan untuk model standar dan plus,” ujar Hong. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement