Kamis 17 Aug 2023 07:19 WIB

Apple Pindahkan Produksi ke India, iPhone 15 Bisa Lebih Murah?

Langkah itu diambil Apple guna mencegah ketergantungan produksi di Cina.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Berkat manufaktur India yang sudah mumpuni, iPhone 15 diharap bisa lebih terjangkau./ilustrasi
Foto: dok GizChina
Berkat manufaktur India yang sudah mumpuni, iPhone 15 diharap bisa lebih terjangkau./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple tinggal menghitung hari untuk memperkenalkan seri ponsel terbarunya, iPhone 15. Itu sebabnya hampir setiap hari selalu ada bocoran baru tentang ponsel yang sangat dinantikan tersebut. 

Salah satunya, iPhone 15 disebut akan hadir dengan chip 3LD3 di port USB-C. Sekarang, ada kabar baik lain dari pemasok utama Apple, Foxconn, bahwa perusahaan telah mulai memproduksi iPhone 15 di India.

Baca Juga

Dikutip dari laman GizmoChina, Kamis (17/8/2023), langkah itu diambil Apple guna mencegah ketergantungan produksi di Cina. Selain itu, berkat manufaktur India yang sudah mumpuni, iPhone 15 diharap bisa lebih terjangkau.

India telah menjadi salah satu pusat teknologi utama yang dilirik di skala dunia. Ada proyek bertajuk "Make in India" yang punya dampak besar terhadap produksi ponsel pintar di negara tersebut. 

Menyusul proyek itu, banyak perusahaan teknologi memutuskan memproduksi secara lokal di wilayah tersebut. Salah satu perusahaan tersebut adalah Foxconn, yang memproduksi iPhone untuk Apple.

Berdasarkan informasi terbaru, Foxconn sudah mulai membuat iPhone 15 di India. Sebelumnya, sejak pertengahan Juni 2023, Apple disebut sudah mulai memproduksi iPhone 15 di Cina, sehingga produksi sudah berlangsung di dua negara.

Raksasa teknologi itu dinilai tidak ingin hanya mengandalkan Cina untuk produksi. Meski mungkin menghemat biaya, bergantung pada satu tempat saja bisa menimbulkan masalah besar dalam rantai pasokan.

Terlebih, jika terjadi hal tak terduga seperti saat pandemi Covid-19 silam. Apple juga berharap pembuatan iPhone 15 di India akan membantu membuatnya lebih terjangkau bagi konsumen di negara tersebut. 

Seperti diketahui, India merupakan salah satu pasar ponsel terbesar di dunia. Namun, karena situasi ekonomi negara, banyak orang memilih ponsel kelas menengah dengan harga murah. 

Jika Apple dapat mengurangi biaya dengan memproduksi secara lokal dan menghindari beberapa pajak, mereka dapat menawarkan harga yang lebih baik dan menjangkau lebih banyak orang. Itu akan meningkatkan pangsa pasar Apple.

Pabrik Foxconn di Sriperumbudur, India, adalah pabrik manufaktur elektronik besar yang mempekerjakan lebih dari ribuan orang. Pabrik dilengkapi dengan fasilitas manufaktur mutakhir dan mampu memproduksi berbagai macam produk, termasuk ponsel, tablet, dan laptop.

Seri iPhone 15 yang diharapkan akan diumumkan pada 12 September 2023 akan mendapatkan peningkatan besar pada sistem kamera. Sementara, model iPhone 15 Pro akan memiliki prosesor yang lebih baik. Apple berharap iPhone baru akan membantu memacu kembali angka penjualan yang lesu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement