Selasa 15 Aug 2023 16:48 WIB

Sulit Hadirkan Hujan Buatan, BRIN: Ada Cara Lain Modifikasi Cuaca untuk Atasi Polusi

Teknologi modifikasi cuaca diharapkan dapat membantu mengatasi polusi udara Jakarta.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Reiny Dwinanda
Kondisi polusi di langit Jakarta terlihat dari Gedung Perpustaakan Nasional, Jakarta, Senin (14/8/2023). Teknologi modifikasi cuaca diharapkan dapat bantu redakan polusi udara Jabodetabek.
Foto:

Kegiatan TMC untuk mengurangi polutan tersebut sudah pernah dilakukan oleh beberapa negara. Cina, Korea Selatan, Thailand, dan India, contohnya.

Terkait biaya antara TMC menggunakan penyemaian garam dengan penggangguan atmosfer, Budi menyebut tidak ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Sebab, komponen yang paling besar memakan biaya adalah pesawat, yakni mencapai 60 persen porsi anggaran dalam melakukan TMC.

"Sama aja sih sebetulnya. Karena komponen yang paling besar itu pesawat. Jadi penggunaan pesawat, terutama untuk pemakaian avtur, ini memakan anggaran porsinya kurang lebih sekitar 60 persen," jelas dia.

Budi menyebut peluang untuk melakukan TMC untuk menghadirkan hujan di Jakarta dan sekitarnya masih terbuka. Hanya saja, peluang tersebut cukup berat untuk dilakukan dengan melihat kondisi musim kemarau yang minim awan kumulus yang menjadi target untuk ditaburkan NaCl atau garam.

"Peluangnya untuk saat ini, apalagi dalam kondisi musim kemarau, cukup berat. Kami memodifikasi cuaca ini kan tidak membuat hujan," jelas Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement