Kamis 10 Aug 2023 16:35 WIB

Badai Matahari Lumpuhkan Transmisi Radio di Seluruh Amerika Utara

Partikel energik dari suar matahari disebut menghantam Bumi.

Rep: Noer Qomariah Kususmawardhani/ Red: Nora Azizah
Badai matahari yang cukup kuat dilaporkan melumpuhkan sinyak radio dan navigasi di seluruh Amerika Utara.
Foto: NASA
Badai matahari yang cukup kuat dilaporkan melumpuhkan sinyak radio dan navigasi di seluruh Amerika Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suar matahari yang kuat mengganggu sinyal radio dan navigasi di seluruh Amerika Utara, belum lama ini. Ini mendorong peramal cuaca luar angkasa untuk mengeluarkan peringatan karena partikel energik menghantam Bumi.

Suar, yang diklasifikasikan sebagai X1.5 adalah suar X ke-20, kategori suar matahari paling kuat—dari siklus matahari 11 tahun saat ini, yang akan mencapai maksimumnya tahun depan.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Kamis (10/8/2023), suar matahari adalah kilatan radiasi energik yang meledak dari daerah dingin dan padat secara magnetis di permukaan matahari yang dikenal sebagai bintik matahari. Bepergian dengan kecepatan cahaya, foton dari suar ini tiba di planet kita dalam delapan menit.

Saat radiasi dari suar berinteraksi dengan partikel di ionosfer Bumi, wilayah atmosfer pada ketinggian antara 80 dan 650 kilometer, hal itu menambah daya mereka. Perubahan ini kemudian mempengaruhi sinyal radio dan satelit yang melewati wilayah ini.

Menurut fisikawan matahari Keith Strong, pemadaman yang disebabkan oleh suar adalah kategori kuat tiga pada skala lima poin yang dikembangkan oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) AS.

“X1.5 Flare menyebabkan peristiwa pemadaman radio R3 (kuat) di sisi siang hari Bumi (sebagian besar AS dan Kanada dan Samudra Pasifik),” kata Strong, di platform X. 

“Frekuensi di bawah 5 Mhz paling terpengaruh dan sinyal navigasi menurun,” tambahnya.

Suar meledak dari kelompok bintik matahari terbesar dan paling aktif yang saat ini terlihat di piringan matahari, menurut peramal cuaca ruang angkasa Inggris Raya (UK) Met Office, dan muncul hanya dua hari setelah suar X yang agak lemah yang terjadi akhir pekan lalu.

Selain dua suar yang kuat ini, matahari juga melepaskan beberapa suar kelas sedang dalam beberapa hari terakhir, tiga di antaranya terjadi dalam 24 jam terakhir. Met Office mengeluarkan peringatan untuk badai radiasi matahari ringan karena adanya partikel surya bermuatan di atmosfer Bumi, akibat cambukan oleh jilatan api matahari tersebut.

Dalam kasus ekstrim, partikel bermuatan ini dapat menimbulkan bahaya radiasi bagi astronot di luar angkasa dan penumpang serta awak pesawat yang melakukan perjalanan di wilayah kutub. Mereka juga dapat merusak satelit di orbit. Peristiwa saat ini, kategori ringan satu, bagaimanapun, seharusnya tidak berbahaya.

Met Office memperkirakan bahwa jilatan api yang lebih kuat dapat terjadi sementara gugus bintik matahari yang besar tetap terlihat di muka matahari. Namun, wilayah yang mengancam itu akan menghilang di balik tepi matahari dalam dua hari ke depan, memberi kelonggaran bagi para peramal cuaca luar angkasa.

Sementara itu, bagaimanapun, para ahli bersiap untuk kedatangan dua coronal mass ejections (CME), awan besar gas magnet yang sering lepas dari matahari bersamaan dengan jilatan api matahari. CME yang menghantam Bumi dapat menyebabkan berbagai jenis fenomena, yang dikenal sebagai badai geomagnetik, karena berinteraksi dengan medan magnet planet kita.

Badai geomagnetik menghasilkan tampilan aurora yang indah tetapi juga dapat menyebabkan masalah bagi operator satelit karena membuat atmosfer membengkak. Menurut Spaceweather.com, dalam kasus yang paling parah, badai geomagnetik yang akan datang dapat mencapai level G3 yang kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement