Jumat 04 Aug 2023 11:40 WIB

Logo Oppo tak Lagi Pakai Warna Hijau, Mengapa?

Logo Oppo akan secara menghilangkan semua warna.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Logo Oppo tak lagi berwarna hijau. Nantinya warna hijau hanya akan digunakan dalam desain visual interaktif.
Foto: GSM Arena
Logo Oppo tak lagi berwarna hijau. Nantinya warna hijau hanya akan digunakan dalam desain visual interaktif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenama ponsel Oppo memutuskan tak lagi memakai warna hijau untuk logonya. Secara bertahap, perusahaan yang berkantor pusat di Dongguan, Guangdong, Cina, itu secara bertahap akan mengurangi penggunaan semua warna untuk logonya dan beralih ke tulisan monokrom. 

Dilansir laman GSM Arena, Jumat (4/8/2023), awalnya warganet memperhatikan adanya perubahan di gambar profil Oppo di Weibo. Perusahaan membalas salah satu komentar itu, mengatakan bahwa hijau tetap menjadi komponen merek yang penting. Akan tetapi, warna hijau hanya akan digunakan dalam desain visual interaktif. 

Baca Juga

Berdasarkan pernyataan itu, ke depannya logo Oppo akan secara menghilangkan semua warna. Itu pun terlihat di situs web perusahaan, di mana tupai hijau hilang dan halamannya didesain ulang. Menengok ke belakang, logo hijau secara bertahap telah dihapus dari komunikasi pemasaran Oppo. 

Mereka kerap memakai huruf putih atau warna lain yang disesuaikan dengan elemen visual yang berbeda untuk sejumlah produk besutannya.  Misalnya, pada ponsel Reno10 Pro varian ungu, tulisan Oppo berwarna ungu di kotaknya, sedangkan logo di ponsel Find X6 Pro berwarna perak. Oppo menjelaskan bahwa perubahan warna logo diharapkan membentuk kesan brand yang lebih canggih dan kekinian.  Latar belakang hijau yang ikonik cukup lama diasosiasikan dengan perusahaan. 

Dengan mengadopsi pendekatan yang lebih minimalis, Oppo berupaya memberikan pengalaman teknologi sambil meningkatkan komunikasi informasi merek dan produk. Meski logo utama kini menampilkan latar belakang hitam, desain visual interaktif dan berbagai elemen warna, termasuk hijau, akan digunakan untuk memperkaya pengalaman pengguna di berbagai platform.

Sekali lagi, Oppo meyakinkan bahwa warna hijau tetap menjadi bagian penting dari identitas mereknya. Saat ini, situs web resmi Oppo sudah menampilkan pembaruan logo berlatar belakang hitam yang diperbarui, namun sejumlah mal resmi Oppo di Cina belum mengganti logo berlatar hijau. Meskipun demikian, warganet telah melihat penampakan sebagian toko offline Oppo yang sudah menggunakan logo baru.

Perubahan itu semakin memicu rasa ingin tahu dan kegembiraan di kalangan pengguna. Di platform media sosial, transisi ke logo berlatar belakang hitam telah terjadi. Beberapa pengguna memuji langkah merek tersebut.

Sementara, ada juga yang mengenang logo hijau nostalgia yang merupakan bagian integral dari identitas Oppo selama bertahun-tahun. Namun, pengguna setia merek ini juga mengharapkan lebih banyak pembaruan dan citra merek baru di berbagai platform dan tokonya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement