Ahad 30 Jul 2023 21:52 WIB

Bukan Tiktok, Instagram Masih Jadi Favorit Generasi Z dan Milenial

Instagram justru semakin populer dalam beberapa bulan terakhir.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Esthi Maharani
Instagram digunakan oleh 67 persen Milenial dan 66 persen Gen Z
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Instagram digunakan oleh 67 persen Milenial dan 66 persen Gen Z

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Media sosial Instagram jauh dari kalah dengan TikTok. Menurut penelitian oleh YPulse, sementara TikTok menonjol sebagai favorit anak usia 13 hingga 39 tahun, platform grup Meta itu masih bertahan di posisi kedua.

Dilansir dari Malay Mail, Ahad (30/7/2023), faktanya, Instagram semakin populer dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga

Instagram digunakan oleh 67 persen Milenial dan 66 persen gen Z, naik 12 poin di antara gen Y dan enam poin di antara gen Z antara November 2022 dan April 2023. Sekitar 43 persen gen Z dan 52 persen milenial mengatakan mereka menggunakan Instagram setiap hari.

Selain itu, platform tersebut adalah satu-satunya yang mengalami sedikit pertumbuhan dibandingkan dengan Netflix, YouTube, Disney+, dan bahkan TikTok, menurut YPulse.

Sementara anak muda lebih suka TikTok memposting konten viral atau meme, mereka beralih ke Instagram untuk berbagi konten tentang perjalanan mereka atau acara lain apa pun yang menandai hidup mereka. Milenial lebih cenderung menggunakan filter dan video di Instagram, sementara pengguna gen Z lebih cenderung beralih TikTok untuk konten semacam ini.

Fitur yang paling banyak digunakan oleh gen Z dan milenial adalah Stories, diikuti Reels, dan terakhir filter foto.

Sedangkan Instagram dulunya identik dengan gambar yang dipoles dan tampak sempurna, keaslian alami yang disukai di TikTok telah mengubah permainan di jejaring sosial Meta. Kaum muda sekarang mengikuti tren ketidaksempurnaan, memposting gambar buram atau berkualitas buruk, serta “photo dumps,” dengan campuran foto yang sering kali mencakup sekitar sebulan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement