Kamis 27 Jul 2023 02:58 WIB

Saingi Instagram Stories, TikTok Tambah Fitur Ini

Ini bukan pertama kalinya TikTok ‘meniru’ Instagram.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
TikTok mengatakan unggahan teks ini akan tetap interaktif dan dinamis seperti unggahan video dan foto./ilustrasi
Foto: AP Photo/Michael Dwyer
TikTok mengatakan unggahan teks ini akan tetap interaktif dan dinamis seperti unggahan video dan foto./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---TikTok boleh dibilang benar-benar mendominasi ruang video bentuk pendek, dan sekarang telah menambah fitur unggahan teks bentuk pendek, mirip pesaingnya dari platform lainnya, Instagram Stories.

Raksasa media sosial itu baru saja mengumumkan fitur komposisi teks barunya, untuk memungkinkan pengguna berbagi cerita, puisi, lirik, dan konten tertulis lainnya, memberi pengguna cara lain untuk mengekspresikan diri.

Baca Juga

Toolset tampaknya cukup sederhana. Buka saja halaman Camera pada aplikasi dan pilih ‘Text’. Pengguna akan bisa mengetik apa pun yang diinginkan, menambahkan suara, menandai lokasi, mengaktifkan komentar, dan bahkan berintegrasi dengan Duet.

TikTok mengatakan unggahan teks ini akan tetap interaktif dan dinamis seperti unggahan video dan foto. Untuk itu, pengguna juga bisa menambahkan warna latar belakang, tagar, dan tentunya membubuhkan banyak stiker.

Sama seperti unggahan video dan foto, pengguna dapat menyimpan kiriman teks apa pun sebagai draft untuk pengeditan lebih lanjut, atau bisa membuang seluruhnya jika tidak yakin dengan teks yang akan diunggah.

Jika ini terdengar seperti menggunakan Instagram Stories untuk membuat unggahan teks, pengguna pasti menyukainya. Ini bukan pertama kalinya TikTok ‘meniru’ Instagram untuk mencari inspirasi (atau sebaliknya).

Baru tahun lalu TikTok menambahkan gambar statis ke perangkatnya, menyertai video berdurasi pendek. Mode foto TikTok juga mendapat perhatian tetapi telah menjadi sangat populer, dan TikTok tentu berharap mode teks ini akan mengikuti keviralan yang sama.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement