Ahad 16 Jul 2023 20:43 WIB

Ternyata Anda Bisa Ubah Nama Gawai Android, Ini Caranya

Ada alasan praktis untuk mengubah nama gawai Android Anda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Dengan mengubah nama perangkat Anda, pengguna lain di jaringan Anda atau jaringan terdekat akan lebih sulit memantau aktivitas perangkat Anda. (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Dengan mengubah nama perangkat Anda, pengguna lain di jaringan Anda atau jaringan terdekat akan lebih sulit memantau aktivitas perangkat Anda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Anda dapat memanggil ponsel Android Anda apa pun yang Anda inginkan. Alasan pertama dan paling jelas untuk mengubah nama perangkat Android Anda hanya untuk menyenangkan hati.

Kemudian, ada alasan praktis untuk mengubah nama perangkat Android Anda yaitu jika Anda berbagi ruang nirkabel dengan keluarga Anda, dan Anda semua memiliki model ponsel yang serupa, mencoba menyambungkan ponsel yang tepat ke perangkat Bluetooth akan mengganggu. Memberi setiap ponsel namanya sendiri memastikan Anda mendapatkan koneksi yang benar.

Baca Juga

Mengubah nama juga merupakan trik privasi yang bermanfaat. Dengan mengubah nama perangkat Anda, pengguna lain di jaringan Anda atau jaringan terdekat akan lebih sulit memantau aktivitas perangkat Anda.

Dilansir dari Slash Gear, Ahad (16/7/2023), mengubah nama ponsel Android Anda semudah mengetuk beberapa menu, meskipun ponsel Anda sebenarnya memiliki beberapa sebutan untuk diedit. Ada nama internal, yang ditampilkan saat terhubung ke Wi-Fi dan Bluetooth, serta nama Google Play, yang ditampilkan saat mengunduh di Google Play Store atau menggunakan Find My Device.

Berikut cara mengubah nama internal perangkat Android Anda.

  • Buka aplikasi Settings.
  • Gulir ke bawah dan ketuk About phone.
  • Ketuk nama yang ditampilkan.
  • Masukkan nama baru yang ingin Anda gunakan dan ketuk OK untuk menyimpannya.
  • Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, ketuk tombol edit di bawah nama untuk mengeditnya.
  • Cobalah untuk tidak menggunakan sesuatu yang kasar atau tidak menyenangkan, orang lain akan dapat melihatnya.

 

Selanjutnya, berikut cara mengubah nama Google Play perangkat Android Anda. Perhatikan bahwa ini paling baik dilakukan dari desktop daripada telepon itu sendiri. Selain itu, pastikan Anda masuk ke Google Play Store dengan akun yang sama di kedua perangkat.

  • Kunjungi situs web Google Play Store.
  • Klik ikon profil Anda di kanan atas.
  • Klik Library & Devices.
  • Beralih ke Devices tab.
  • Di kolom Nickname, masukkan nama baru perangkat Anda di kotak teks.

Nama digunakan untuk membedakan perangkat Anda dari perangkat lain mungkin didaftarkan ke akun Anda. Ini sangat membantu jika Anda memiliki anggota keluarga yang berbagi akun Google Play dengan Anda.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement