Kamis 13 Jul 2023 18:15 WIB

Sudah Rilis, Android 14 Beta 4 Bisa Perbaiki Sejumlah Bug

Android 14 Beta 4 membawa perbaikan dalam hal stabilitas dan performa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Android 14 Beta 4 akhirnya diluncurkan oleh Google setelah melalui proses pengembangan selama berbulan-bulan./ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Android 14 Beta 4 akhirnya diluncurkan oleh Google setelah melalui proses pengembangan selama berbulan-bulan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Android 14 Beta 4 akhirnya diluncurkan oleh Google setelah melalui proses pengembangan selama berbulan-bulan. Sistem operasi dengan build number UPB4.230623.005 ini tampak berhasil mengatasi sejumlah permasalahan yang dipicu oleh bug.

Sistem operasi ini awalnya dijadwalkan akan rilis pada Rabu (5/7/2023). Akan tetapi, rencana tersebut sedikit tertunda karena adanya momen libur panjang.

Baca Juga

Kini, Android 14 Beta 4 sudah tersedia untuk perangkat Pixel yang terpilih. Salah satu di antaranya adalah ponsel pintar Pixel 4a (5G). Pembaruan ini akan membutuhkan ruang sekitar 200MB pada ponsel, tergantung pada ponsel masing-masing pengguna.

Dalam catatan yang Google berikan, terdapat sebuah daftar bug yang memicu masalah sistem pada ponsel dan berhasil diperbaiki oleh Android 14 Beta 4. Selain itu, Google juga mengungkapkan bahwa sistem operasi ini dapat meningkatkan performa ponsel secara keseluruhan.

Salah satu dari permasalahan yang berhasil diperbaiki oleh Android 14 Beta 4 adalah masalah notifikasi dan Quick Setting yang tak bisa berfungsi sebelum ponsel di-restart. Permasalahan lainnya adalah aplikasi VoIP yang berhenti merekam suara ketika layar ponsel terkunci atau ketika aplikasi berada di balik layar.

Android 14 Beta 4 juga memperbaiki masalah glitch pada tampilan lagu yang sedang diputar pada ponsel. Glitch ini biasanya muncul ketika ponsel mengalami transisi dari mode always on display menjadi layar terkunci.

Beberapa masalah lain yang turut diperbaiki oleh Android 14 Beta 4 adalah masalah seputar pengisian daya, layanan Android System Intelligence yang mengalami mati serta  error pada registrasi CredentialManager, dan eksepsi null pointer pada API HealthConnect. Android 14 Beta 4 juga memperbaiki masalah boot loop, elemen tak responsif pada sistem UI saat pergantian mode, dan jendela Picture in Picture yang tidak responsif ketika menggunakan suatu aplikasi dalam mode Picture in Picture dan penguncian layar.

Sebagai tambahan, beberapa masalah terkait lock screen wallpaper, animasi UI yang buruk pada launcher, hingga kekeliruan tampilan melengkung pada pinggiran notifikasi dan kecenderungan ponsel menjadi tak responsif saat eSIM dinonaktifkan juga diperbaiki dalam sistem operasi terbaru ini. Beberapa permasalahan lain yang juga diperbaiki dalam pembaruan ini adalah masalah aksesibilitas TalkBack, kegagalan pemindaian sidik jari ketika gawai berotasi, serta pengurutan perangkat Bluetooth yang keliru pada output switcher/sistem suara.

Di samping itu, Android 14 Beta 4 membawa perbaikan dalam hal stabilitas dan performa. Selain bisa diakses melalui gawai Pixel 4a (5G), sistem operasi ini sudah tersedia pada ponsel Pixel Fold dan Pixel Tablet.

Bila melihat pola perilisan Google, Android 14 Beta 4 kemungkinan akan menjadi versi beta kedua terakhir yang akan dirilis sebelum Google merilis Android 14 yang stabil secara luas. Seperti dilansir GizmoChina pada Kamis (13/7), pola yang sama juga diterapkan pada perilisan Android 13.

Seperti diketahui, Android 13 Beta 4 dirilis pada awal Juli tahun lalu. Versi stabilnya, yaitu Android 13, dirilis pada Agustus. Bila Google menggunakan pola yang sama, Android 14 versi akhir dan stabil akan dirilis pada Agustus 2023.

Saat ini, Android 14 Beta 4 memang sudah dirilis secara resmi oleh Google. Akan tetapi, ketersediaan sistem operasi ini pada ponsel-ponsel yang memenuhi syarat akan berlangsung secara bertahap, tergantung jenis gawai dan pembawanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement