Selasa 11 Jul 2023 11:21 WIB

Kurang dari Satu Minggu, Threads Lampaui 100 Juta Pengguna

Threads mencapai tonggak sejarah secara dramatis lebih cepat daripada ChatGPT.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads ditampilkan di App Store AS Apple terlihat di layar smartphone di Berlin, Jerman, Selasa, (4/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.
Foto: Christoph Dernbach/dpa via AP
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads ditampilkan di App Store AS Apple terlihat di layar smartphone di Berlin, Jerman, Selasa, (4/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Aplikasi baru Threads milik Instagram telah melampaui 100 juta pengguna. Ini berarti Threads mencapai tonggak sejarah secara dramatis lebih cepat daripada ChatGPT.

Chatbot Open AI itu melewati sasaran setelah dua bulan. Tetapi Threads, yang baru diluncurkan pada Rabu (5/7/2023), tiba di angka tersebut dalam hitungan hari. Jumlah pengguna dapat ditemukan di aplikasi Instagram, yang melacak ukuran basis pengguna Threads.

Baca Juga

Threads terbukti menjadi sukses awal hampir seketika. Dilansir dari The Verge, Selasa (11/7/2023), dalam dua jam pertama, Threads mencapai 2 juta pengguna dan terus meningkat dari sana menjadi 5 juta, 10 juta, 30 juta, dan kemudian 70 juta. Peluncuran itu “jauh melampaui harapan kami,” kata CEO Mark Zuckerberg pada Jumat (7/10/2023).

Pada Senin (10/7/2023), Zuckerberg mengatakan dalam sebuah posting Threads yang mengonfirmasi tonggak sejarah bahwa pertumbuhan itu “kebanyakan organik”.

 

“Threads mencapai 100 juta pendaftar selama akhir pekan. Itu sebagian besar permintaan organik dan kami bahkan belum mengaktifkan banyak promosi. Tidak percaya ini baru lima hari!” ujar Zuckerberg melalui akun Threadsnya, @zuck.

Kepala Instagram Adam Mosseri juga memposting tentang hal itu, juga mencatat bahwa hanya perlu lima hari untuk sampai ke sana.

“100 juta orang mendaftar ke Threads dalam lima hari. Saya tidak yakin saya bisa menyelimuti pikiran saya dengan fakta itu. Ini gila; Saya tidak bisa memahaminya. Tim telah berusaha keras, tetapi kami tahu ini adalah perlombaan menuju garis awal. Mereka mengatakan “buat berhasil, buat hebat, buat tumbuh”. Ya, kami memang melakukan hal-hal yang tidak beres, tetapi saya berjanji kami akan membuat hal ini menjadi hebat,” ujar Mosseri melalui akun Threadsnya, @mosseri.

Selain itu, pengguna tidak hanya mendaftar tetapi mereka juga memposting. Hingga Kamis (6/7/2023), kolega The Verge Alex Heath melaporkan bahwa sudah ada lebih dari 95 juta postingan dan 190 juta likes yang dibagikan di aplikasi.

Meski demikian, Threads masih dalam masa pertumbuhan. Kita harus menunggu dan apakah melihat aplikasi baru itu menangkap tanda ciri khusus budaya  yang sama seperti yang pernah dilakukan Twitter.

Di sisi lain, menurut Mosseri, Meta tidak secara khusus menargetkan mencoba mengganti Twitter dan perusahaan tidak akan secara aktif mendorong politik dan berita keras di platform. Tetapi Threads bisa menjadi tempat orang-orang pergi untuk percakapan berbasis platform media sosial.

Sementara Meta “sangat bersemangat” tentang bagaimana pekan peluncuran telah berlalu, “kami bahkan belum tahu apakah hal ini masih kuat,” kata Mosseri.

November lalu Twitter memiliki sekitar 260 juta pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi, per tweet dari pemilik Elon Musk pada saat itu, meskipun jumlahnya tidak dapat dibandingkan secara langsung.

Baru-baru ini, The Wall Street Journal melaporkan telah memberi tahu pengiklan bahwa ia memiliki sekitar 535 juta pengguna aktif bulanan yang dapat dimonetisasi. Tetapi data eksternal menunjukkan bahwa lalu lintas Twitter telah mengalami tren penurunan dalam beberapa bulan terakhir, dengan CEO Cloudflare Matthew Prince memposting untuk mengatakan bahwa lalu lintas sedang “menurun dengan cepat”.

Yuk, follow akun Threads Republika di sini

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement