Senin 03 Jul 2023 21:46 WIB

Bukan Hanya ChatGPT, Ini Daftar 10 Alat AI yang tidak Kalah Keren

Sebenarnya ada berbagai macam alat AI yang tak kalah keren dari ChatGPT.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Selain ChatGPT, ada beberapa peranti kecerdasan buatan (AI) paling tren yang membantu jutaan orang mengelola pekerjaan sehari-hari mereka./ilustrasi
Foto: UNM
Selain ChatGPT, ada beberapa peranti kecerdasan buatan (AI) paling tren yang membantu jutaan orang mengelola pekerjaan sehari-hari mereka./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Alat kecerdasan buatan (AI) membanjiri internet. Salah satu yang paling populer adalah ChatGPT. Namun, sebenarnya ada berbagai macam alat AI selain ChatGPT. Berikut ini beberapa peranti AI paling tren yang membantu jutaan orang mengelola pekerjaan sehari-hari mereka.

Krisp AI

Ini merupakan alat yang meningkatkan rapat daring Anda dengan teknologinya yang dikenal sebagai Voice Productivity AI. Krisp AI meningkatkan produktivitas rapat daring dengan Voice Clarity dan Meeting Assistant yang didukung AI.

Baca Juga

 

Promptbox

Dilansir dari Indian Express, Senin (3/7/2023), Promptbox adalah ekstensi Chrome yang mudah digunakan untuk menyimpan, mengatur, dan membagikan semua perintah AI Anda. Alat AI ini juga menawarkan kemampuan untuk berbagi seluruh folder petunjuk dengan siapa pun melalui tautan sederhana. Promptbox kompatibel dengan ChatGPT, Dall-E, Midjourney, dll.

 

Monica

Monica merupakan asisten AI bertenaga ChatGPT yang dapat membantu Anda mengerjakan berbagai tugas. Saat ini, alat ini tersedia sebagai ekstensi di Chrome dan Microsoft Edge.

Pengguna dapat mengobrol dengan Monica tentang apa saja dan di mana saja. Selain itu, alat ini dapat terlibat dalam percakapan kontekstual dengan pengguna dan menawarkan inspirasi menulis. Monica dapat menerjemahkan, meringkas, dan menjelaskan teks apa pun di laman web mana pun.

 

Glasp

Glasp merujuk ke video YouTube untuk tujuan penelitian dan pendidikan. Menurut perusahaan, Glasp adalah aplikasi ‘social highlighting’ yang memungkinkan pengguna menyorot dan menandai konten penting saat membaca artikel atau menonton video. Alat ini memungkinkan Anda meringkas apa pun yang Anda pelajari di internet dalam hitungan detik. Glasp tersedia sebagai ekstensi browser.

 

Compose AI

Menurut pembuatnya, Compose AI—ekstensi Chrome—memangkas waktu penulisan hingga 40 persen. Ini dilakukan dengan bantuan pelengkapan otomatis bertenaga AI dan pembuatan teks.

Pengguna hanya perlu mengetik tanda // untuk meminta alat AI menulis apa saja. Saat ini, alat tersebut tersedia di Google Docs dan Gmail dan pembuatnya memiliki rencana untuk mengintegrasikannya dengan lebih banyak platform.

 

Essel

Essel adalah alat AI gratis yang memungkinkan Anda mengatur dokumen kerja di tabel baru. Menurut pembuatnya, Essel tidak membahayakan privasi pengguna. Alat AI ini memungkinkan Anda menemukan dokumen apa pun, membuat dokumen baru, atau bahkan mengawasi proyek rekan satu tim. Selain itu, Essel pada dasarnya memfilter riwayat browser untuk menampilkan semua dokumen yang mungkin diperlukan pengguna untuk bekerja di satu tempat, membuatnya mudah diakses.

 

Docus AI

Docus AI merupakan asisten kesehatan yang didukung oleh AI generatif yang membantu pengguna membuat keputusan yang tepat terkait kesehatan mereka. Menurut pembuatnya, Docus AI membantu membuat laporan kesehatan dan memvalidasinya dengan dokter top dari Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Pengguna perlu mengirimkan detail kesehatan mereka dan mengajukan pertanyaan terkait dan mereka akan menerima tanggapan yang disesuaikan. Selain itu, obrolan demo di situs memungkinkan pengguna menanyakan dua petunjuk.

 

CapeChat

CapeChat adalah asisten AI yang aman dan pribadi yang memungkinkan pengguna mengunggah dokumen sensitif seperti laporan keuangan, catatan, atau kontrak dan menghasilkan wawasan hampir secara instan. Pembuatnya mengklaim bahwa pengguna memegang kendali penuh atas data mereka dan dapat menghapus data mereka kapan saja. CapeChat secara otomatis mengenkripsi dokumen dan menyunting data sensitif.

 

Goodmeetings

Goodmeetings menawarkan ringkasan rapat yang dikurasi AI untuk menjadikan pengguna lebih produktif. Menurut pembuatnya, alat tersebut meningkatkan kinerja penjualan dan keberhasilan pelanggan. Ini memungkinkan pengguna untuk merekam panggilan, dan meninjau catatan otomatis, momen penting, dan wawasan.

 

Zupyak

Zupyak berperan dalam hal tulis-menulis konten yang ditujukan untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO). Menurut pembuatnya, alat bertenaga AI ini adalah yang pertama membuat dan menerbitkan konten yang dioptimalkan untuk SEO. Alat ini membantu pengguna dengan pembuatan ide, kreasi, dan penerbitan konten.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement