Kamis 08 Jun 2023 06:46 WIB

Asyik, iOS 17 Developer Beta 1 Dapat Diunduh Gratis, Begini Caranya

Apple mengizinkan siapa pun mengunduh dan menginstal iOS 17 Developer Beta 1.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple memamerkan pembaruan perangkat lunak iOS 17 yang baru di siaran langsung utama Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pekan ini.
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Apple memamerkan pembaruan perangkat lunak iOS 17 yang baru di siaran langsung utama Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Apple memamerkan pembaruan perangkat lunak iOS 17 yang baru di siaran langsung utama Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pekan ini. Pembaruan terbaru untuk iPhone dijadwalkan untuk rilis akhir tahun ini, kadang-kadang selama musim gugur.

Sebelumnya, beta pengembang iOS 17 hanya tersedia untuk pelanggan Apple Developer Program keanggotaan tahunan senilai 99 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,4 juta.

Baca Juga

Sekarang, raksasa teknologi itu mengizinkan siapa pun dengan Apple ID untuk mengunduh dan menginstal iOS 17 Developer Beta 1. Dilansir dari Neowin, Kamis (8/6/2023),  perubahan tersebut pertama kali terlihat oleh iMore dan awalnya diyakini sebagai kesalahan dari pihak Apple. Sekarang, Apple telah mengonfirmasi hal yang sama melalui halaman dukungan di situs pengembangnya.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu membayar biaya 99 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 juta kepada Apple untuk mendapatkan pembaruan beta terbaru untuk sistem operasinya. Awal tahun ini, Apple memperkenalkan perubahan besar pada caranya mendorong pembaruan beta ke iPhone dengan menambahkan opsi ke halaman Software Update. Sebelumnya, pengguna harus menginstal profil beta di perangkat mereka setiap tahun untuk mendapatkan rilis pratinjau terbaru.

Dengan mengizinkan pengguna umum untuk menginstal pembaruan beta, Apple juga telah mempermudah prosesnya bagi mereka. Untuk mengunduh iOS 17 Developer Beta 1, buka Settings > General > Software Update.

Di sini, ketuk Beta Updates lalu pilih iOS 17 Developer Beta dari daftar. Kemudian, kembali ke halaman Software Update dan ikuti langkah-langkah untuk menginstal pembaruan.

Anda hanya akan melihat opsi untuk mengunduh iOS 17 beta jika iPhone Anda menjalankan pembaruan stabil terbaru yaitu iOS 16.5. Disarankan agar Anda melanjutkan dengan hati-hati karena pembaruan beta mungkin mengandung bug dan gangguan tak terduga yang dapat memengaruhi penggunaan harian Anda.

Tidak hanya iOS 17, Anda juga dapat mengunduh pembaruan beta lainnya secara gratis, termasuk macOS Sonoma, iPadOS 17, dan watchOS 10.

Pembaruan iOS 17 tersedia di berbagai model iPhone yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir, tetapi Apple juga telah menghentikan dukungan untuk beberapa perangkat. Muncul dengan banyak fitur baru seperti Contact Posters, Collaborative Playlists, StandBy mode, live voicemail, dan widget interaktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement