Rabu 07 Jun 2023 13:51 WIB

Sebelum Apple, Meta Duluan Kenalkan Quest 3

Meta secara resmi mengumumkan headset Quest 3 VR-nya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dibandingkan pendahulunya, desain Quest 3 lebih ringan dan lebih nyaman, dengan profil optik 40 persen lebih ramping.
Foto: GSM Arena
Dibandingkan pendahulunya, desain Quest 3 lebih ringan dan lebih nyaman, dengan profil optik 40 persen lebih ramping.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sudah hampir satu dekade sejak headset Virtual Reality (VR) ada, namun gagasan perangkat tersebut gagal merayu massa. Bahkan untuk raksasa teknologi seperti Meta yang telah menjual hampir 20 juta headset Quest sulit untuk mempertahankan pelanggan menggunakan VR.

Wakil Presiden VR Meta, Mark Rabkin menekankan meskipun angka penjualan 20 juta unit sangat mengesankan dan jauh melampaui pembuat headset VR tunggal lainnya, perusahaan harus melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mempertahankan pelanggan menggunakan headset dengan baik setelah pembelian mereka.

Baca Juga

Bagi banyak orang, headset VR gagal menarik perhatian konsumen karena sifatnya yang tidak nyaman dan kikuk. Hambatan signifikan lainnya untuk adopsi teknologi imersif yang lebih luas adalah kurangnya desain pengalaman pengguna yang baik. Tetapi Meta tidak menyerah, dan Apple juga memperhatikan nilai yang dapat dihasilkan oleh ruang VR/AR dalam jangka panjang.

Pada tanggal 1 Juni, di pos Instagram Mark Zuckerberg, Meta secara resmi mengumumkan headset Quest 3 VR-nya, yang tidak akan menjadi peningkatan penting dari headset Quest 2 VR-nya. Sebaliknya, dibandingkan pendahulunya, desain Quest 3 lebih ringan dan lebih nyaman, dengan profil optik 40 persen lebih ramping.

"Pada saat yang sama, chip Snapdragon baru di dalamnya memiliki kinerja grafis dua kali lipat,” kata Meta seperti dilansir dari laman Techwire Asia, Rabu (7/6/2023).

Headset ini diperkirakan akan ada di pasaran musim gugur ini dengan versi 128GB tersedia seharga 500 dolar AS (Rp 7,4 juta) plus opsi penyimpanan tambahan bagi mereka yang menginginkan lebih banyak ruang, dengan harga yang tidak ditentukan. Meta ingin membuatnya ramah pengguna dengan membuatnya kompatibel dengan game Quest 2.

Quest 2 juga bertahan tetapi dengan harga lebih murah. Meta mengatakan mulai 4 Juni, Quest 2 akan turun harga Rp 1,4 juta menjadi Rp 4,4 juta untuk versi 128GB, sedangkan versi 256GB mendapatkan potongan harga Rp 1,1 juta dari Rp 6,2 juta menjadi Rp 5,1 juta. Mungkin masih bisa jauh lebih murah jika dibandingkan dengan model lain yang tersedia di pasaran saat ini.

Itu membatalkan kenaikan harga tahun lalu pada model dasar dan membuat versi dengan penyimpanan tambahan lebih murah daripada sebelumnya. Pengungkapan Zuckerberg datang hanya beberapa hari sebelum Apple diperkirakan akan mengumumkan headset realitas campurannya yang telah lama dirumorkan.

Meta pertama kali mengumumkan bahwa mereka akan memulai debut Quest 3 tahun ini sebagai bagian dari pendapatan kuartal ketiga perusahaan tahun 2022 ketika dikatakan bahwa biaya pendapatan perusahaan akan tumbuh sebagian karena “biaya perangkat keras Reality Labs didorong oleh peluncuran generasi berikutnya. headset Quest konsumen kami nanti tahun depan.

 

Meta vs Headset VR Apple

Headset VR yang dirumorkan Apple hanyalah desas-desus hingga saat ini. Apple masih belum mengkonfirmasi keberadaannya. Namun, laporan menunjukkan bahwa itu akan mampu memberikan pengalaman VR dan AR, menjadikannya salah satu produk perusahaan yang paling menarik selama bertahun-tahun.

Beberapa laporan bahkan menunjukkan bahwa Apple sibuk membuat versi VR dari beberapa aplikasi bawaannya, termasuk Safari, FaceTime, Apple TV, Apple Books, Freeform, dan banyak lagi. Kemunduran untuk adopsi massal adalah harga. Dengan perkiraan harga sekitar 3.000 dolar AS , headset Apple tidak akan murah kecuali raksasa teknologi itu juga mengerjakan versi yang lebih terjangkau.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement