Senin 05 Jun 2023 10:05 WIB

Mengapa Belum Banyak yang Mengadopsi Android 13?

Hanya 15 persen dari ponsel Android yang menggunakan Android 13.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah merilis Android 13 sekitar setahun yang lalu, tetapi tingkat adopsi versi OS terbaru ini masih rendah.
Foto: Hardware zone
Google telah merilis Android 13 sekitar setahun yang lalu, tetapi tingkat adopsi versi OS terbaru ini masih rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google telah merilis Android 13 sekitar setahun yang lalu, tetapi tingkat adopsi versi OS terbaru ini masih rendah. Menurut angka distribusi Android untuk Google, hanya 15 persen dari ponsel Android yang saat ini menggunakan Android 13.

Pada periode April hingga Juni, Android 13 telah mengalami peningkatan pertumbuhan yang diharapkan, bergerak dari 12,1 persen menjadi 14,7 persen.

Baca Juga

Dilansir dari Times of India, Senin (5/6/2023), adopsi Android 13 relatif lebih baik dari rilis sebelumnya. Hal ini sebagian disebabkan oleh peluncuran pembaruan Android 13 yang cepat oleh Samsung, OnePlus, dan produsen lainnya.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana metrik ini diperoleh, namun diyakini mengandalkan perangkat Android yang telah mengakses Google Play Store dalam waktu seminggu, menurut 9To5Google. Data terbaru ini berasal dari Android Studio, yang membantu para pengembang untuk memilih versi Android minimum yang dapat dijalankan oleh aplikasi.

Meskipun merek-merek seperti OnePlus dan Samsung telah merilis pembaruan Android 13 untuk smartphone mereka, sebagian besar pengguna masih menginstal versi sistem operasi yang lebih lama.

Ketika pangsa pasar untuk Android 12, 11, dan 10 sedikit menurun, Android 11 tetap menjadi versi yang paling banyak digunakan, dengan 23,1 persen smartphone Android berjalan di atasnya.

Menarik untuk dicatat bahwa satu-satunya versi Android lain yang mengalami pertumbuhan selama ini adalah Android Oreo, dengan kenaikan dari 6,7 persen menjadi 8,3 persen. Namun, kenaikan ini masih lebih rendah dari 9,5 persen yang terjadi pada bulan Januari.

Sebagai perbandingan, iOS 16 Apple, versi sistem operasi terbaru untuk iPhone, saat ini berjalan di sekitar 90 persen iPhone yang dirilis dalam empat tahun terakhir, dan 81 persen dari semua iPhone. Di sisi lain, iOS 5, versi sebelumnya, diperkirakan berjalan pada sekitar 13 persen iPhone.

Tidak ada segmentasi antara Android 12 dan Android 12L, atau smartphone dan tablet, sehingga tidak diketahui berapa banyak tablet yang telah diperbarui ke Android 12L atau Android 13. Sementara itu, 71 persen dari semua pengguna iPad telah mengadopsi iPadOS 16 terbaru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement