Sabtu 03 Jun 2023 15:32 WIB

Google Kenalkan Fitur Baru untuk Android dan Wear OS

Google mengumumkan tujuh fitur dan pembaruan baru.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google mengumumkan tujuh fitur dan pembaruan baru untuk ponsel Android, tablet, dan jam tangan pintar Wear OS.
Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File
Google mengumumkan tujuh fitur dan pembaruan baru untuk ponsel Android, tablet, dan jam tangan pintar Wear OS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google mengumumkan tujuh fitur dan pembaruan baru untuk ponsel Android, tablet, dan jam tangan pintar Wear OS. Menurut postingan blog dari Google, penawaran itu bertujuan untuk membantu orang mempelajari keterampilan baru, tetap produktif saat bepergian, dan melindungi informasi mereka.

Dilansir CNET pada Sabtu (3/6/2023), pembaruan dan fitur yang diluncurkan mulai 1 Juni itu untuk ponsel dan tablet mencakup Reading Practice, yang membantu pembaca baru meningkatkan keterampilan kosa kata dan pemahaman mereka menggunakan ribuan eBook anak-anak yang kompatibel di Google Play Books. Ada juga widget baru yang menghadirkan Google TV, Google Finance, dan Google News ke layar utama pengguna dan kombinasi emoji baru di  Emoji Kitchen di Gboard.

Baca Juga

Opsi baru ini hadir tak lama setelah Google I/O, di mana raksasa teknologi itu mengungkapkan beberapa fitur baru yang hadir di perangkat lunak Android 14-nya. Android 14 tersedia dalam versi beta publik dan secara resmi rilis pada akhir tahun ini.

Kehadiran fitur untuk Android dan Wear OS ini hadir hanya beberapa hari sebelum acara WWDC Apple, yang diprediksi sebagai ajang memamerkan iOS 17. Pembaruan ini merupakan bagian dari upaya Google untuk menjaga Android tetap segar dan bermanfaat di antara rilis sistem operasi utama.

Fitur baru yang hadir di jam tangan pintar Wear OS mencakup tile baru dan pintasan tampilan jam untuk Spotify dan opsi bagi komuter di Washington, DC, dan San Francisco Bay Area untuk menggunakan jam tangan mereka untuk bersepeda dengan kartu SmarTrip dan Clipper di Google Wallet. Google mengumumkan lebih banyak fitur untuk Google Wallet. Selain itu, pengguna Google Keep untuk Wear OS dapat menambahkan akses cepat ke daftar tugas atau catatan yang dipilih.

Raksasa teknologi itu mengatakan kebanyakan orang di AS dengan akun Google dapat mencoba melaporkan dark web di situs web dan aplikasi Google One. Ini memungkinkan pengguna menjalankan pemindaian untuk melihat apakah alamat Gmail mereka telah terekspos di dark web. Pelanggan Google One juga dapat memindai lebih banyak informasi pribadi seperti nomor Social Security mereka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement