Senin 05 Jun 2023 07:37 WIB

Hampir Semua iPhone Kini Memakai iOS 16

Rilis pada September lalu, kini iOS 16 sudah digunakan di 81 persen iPhone.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Hampir seluruh iPhone terbaru kini sudah menggunakan iOS 16/ilustrasi
Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool
Hampir seluruh iPhone terbaru kini sudah menggunakan iOS 16/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sistem iOS  Apple selalu lebih cepat menjangkau perangkat daripada Android. Itu berkat fakta bahwa iOS adalah iOS, sedangkan Android memiliki berbagai tingkatan lapisan pabrik yang perlu diadaptasi ke versi baru.

Jadi, dilansir dari GSMArena, Senin (5/6/2023), tidak mengherankan jika Anda mendengar bahwa iOS 16, yang pertama kali dirilis September lalu, sudah ada di 81 persen iPhone. Jika kita membatasi diri hanya pada iPhone yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir, angkanya tumbuh hingga 90 persen.

Baca Juga

Sedangkan 13 persen yang lain (dan delapan persen dari yang dirilis dalam empat tahun terakhir) menjalankan iOS 15, dan sisanya memboot beberapa versi sebelumnya.

Dari sisi tablet, 17 persen dari semua iPad sudah menggunakan iPadOS 16, diikuti oleh 20 persen yang menjalankan iPadOS 15. Untuk iPad yang dirilis dalam empat tahun terakhir, iPadS 16 mendapatkan pangsa pasar 76 persen lagi diikuti oleh iPadOS 15 dengan 18 persen.

Untuk perbandingan, angka terbaru dari Google tiba kembali pada bulan April, dan mereka menunjukkan Android 13 (versi terbaru, diperkenalkan Agustus lalu) mencapai 12 persen dari semua perangkat.

Sebelumnya, Apple World Developers Conference (WWDC) tahun ini akan berlangsung pada Senin (5/6/2023) hingga Jumat (9/6/2023). Banyak yang mengharapkan perusahaan memperkenalkan mixed reality headset pertamanya di acara tersebut, dengan platform baru yang sesuai.

Namun, perangkat yang dapat dikenakan bukanlah satu-satunya pengumuman besar yang diyakini akan hadir di WWDC tahun ini. Desas-desus telah menyertakan MacBook Air yang lebih besar, pembaruan watchOS utama, dan bahkan sideloading aplikasi di iOS.

Kehadiran iOS 17 dan iPadOS 17 tampaknya berpeluang terjadi pada Senin (5/6/2023). Kabar angin telah beredar selama berbulan-bulan bahwa iOS 17 dan iPadOS 17 akan mengaktifkan sideloading—yaitu menginstal aplikasi di luar App Store –untuk menghormati peraturan persaingan Uni Eropa.

Sama seperti di Android, Anda dapat mengunduh aplikasi langsung dari web atau melalui toko pihak ketiga. Itu akan memungkinkan hal-hal yang tidak mungkin di bawah aturan Apple yang ada, seperti browser web yang menggunakan mesin mereka sendiri bukan WebKit.

Sideloading mungkin bukan satu-satunya fitur penting. MacRumors mengeklaim iOS 17 akan mengubah Control Center.

Ada juga laporan bahwa perusahaan akan memperluas fungsionalitas Dynamic Island iPhone 14 Pro, memberikan Maps antarmuka layar kunci baru dan merampingkan aplikasi Music dan Wallet. Sementara itu, IPad dapat mengejar ketinggalan di beberapa area, dengan iPadOS 17 dikabarkan mewarisi kustomisasi layar kunci iOS 16 dan menyertakan aplikasi kesehatan pada tablet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement