Jumat 02 Jun 2023 15:45 WIB

Apple WWDC 2023, Ini Perangkat yang Banyak Dinanti

Sejumlah perangkat Apple diperkirakan bakal hadir di ajang Apple WWDC 2023.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) akan berlangsung pada Senin (5/6/2023) hingga Jumat (9/6/2023).
Foto: EPA
Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) akan berlangsung pada Senin (5/6/2023) hingga Jumat (9/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) akan berlangsung pada Senin (5/6/2023) hingga Jumat (9/6/2023). Banyak yang mengharapkan perusahaan untuk memperkenalkan mixed reality headset pertamanya di acara tersebut, dengan platform baru yang sesuai.

Namun, perangkat yang dapat dikenakan bukanlah satu-satunya pengumuman besar yang diyakini akan hadir di WWDC tahun ini. Desas-desus telah menyertakan MacBook Air yang lebih besar, pembaruan watchOS utama, dan bahkan sideloading aplikasi di iOS.

Baca Juga

Berikut ini merupakan perangkat yang kemungkinan besar akan Anda lihat pada Senin (5/6/2023).

·Mixed reality headset

Dilansir dari Engadget, Jumat (2/6/2023), perangkat ini mungkin menawarkan resolusi 4K per produk dengan setidaknya enam kamera memberikan pemandangan dunia luar serta pelacakan gerak seluruh tubuh. Mixed reality headset ini juga bisa mengungguli prosesor seluler yang biasanya Anda lihat di headset yang berdiri sendiri.

Diharapkan akan membutuhkan paket baterai eksternal dan hanya bertahan selama dua jam dengan pengisian daya, tetapi akan relatif ringan dan ramping. Headset dilaporkan akan menjalankan platform baru (mungkin disebut xrOS) yang dirancang dengan mempertimbangkan mixed reality. Daripada mengandalkan pengontrol, Anda akan menggunakan gerakan tangan, deteksi pandangan, dan perintah suara Siri untuk menavigasi antarmuka. Rumor menyebutkan model pertama ini akan menelan biaya sekitar 3.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 44,7 juta.

 

·MacBook Air 15 inci

Desas-desus dan log pengembang menyarankan Apple akan meluncurkan MacBook Air 15 inci yang menempatkan Mac portabel layar lebar dalam jangkauan lebih banyak orang. Sementara MacBook Air 13 inci generasi saat ini kira-kira berusia satu tahun, versi 15 inci yang dikabarkan akan terus menggunakan varian chip M2 sistem tersebut dan mungkin hadir dengan RAM 8GB dalam konfigurasi dasar.

Anda bisa melihat tampilan resolusi yang lebih tinggi mirip dengan MacBook Pro 14 inci (meskipun tanpa refresh rate 120Hz) dan tidak mengherankan jika sasis yang lebih besar memungkinkan baterai yang lebih besar.

 

·iOS 17 dan iPadOS 17

Kabar angin telah beredar selama berbulan-bulan bahwa iOS 17 dan iPadOS 17 akan mengaktifkan sideloading—yaitu menginstal aplikasi di luar App Store –untuk menghormati peraturan persaingan Uni Eropa. Sama seperti di Android, Anda dapat mengunduh aplikasi langsung dari web atau melalui toko pihak ketiga. Itu akan memungkinkan hal-hal yang tidak mungkin di bawah aturan Apple yang ada, seperti browser web yang menggunakan mesin mereka sendiri bukan WebKit.

Sideloading mungkin bukan satu-satunya fitur penting. MacRumors mengklaim iOS 17 akan mengubah Control Center.

Ada juga laporan bahwa perusahaan akan memperluas fungsionalitas Dynamic Island iPhone 14 Pro, memberikan Maps antarmuka layar kunci baru dan merampingkan aplikasi Music dan Wallet. Sementara itu, IPad dapat mengejar ketinggalan di beberapa area, dengan iPadOS 17 dikabarkan mewarisi kustomisasi layar kunci iOS 16 dan menyertakan aplikasi Kesehatan asli tablet.

 

·WatchOS 10

Mark Gurman dari Bloomberg mengklaim watchOS 10 akan didesain ulang di sekitar widget, mengembalikan jejak Glances dari OS asli dengan elemen tampilan jam Siri. Gurman juga berspekulasi bahwa Apple dapat membuat antarmuka opsional pada awalnya untuk membantu pengguna menyesuaikan diri dengan perombakan.

 

·Mac OS 14

Sangat sedikit yang diketahui tentang pembaruan platform Mac besar berikutnya, tetapi aman untuk menganggap macOS 14 akan memulai debutnya di WWDC. Pembaruan platform komputer Apple biasanya menyertakan beberapa fitur yang dipinjam dari iOS yang setara. Peningkatan cenderung tiba pada Oktober, dengan versi beta tersedia pada akhir musim semi atau awal musim panas.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement