Sabtu 03 Jun 2023 16:01 WIB

Microsoft Hentikan Asisten Virtual Cortana di Windows

Microsoft mengumumkan perangkat asisten virtual baru Windows Copilot.

Microsoft akan menghentikan dukungan terhadap asisten virtual Cortana di sistem operasi Windows mulai akhir 2023 ini.. Ilustrasi
Foto: The Verge
Microsoft akan menghentikan dukungan terhadap asisten virtual Cortana di sistem operasi Windows mulai akhir 2023 ini.. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft akan menghentikan dukungan terhadap asisten virtual Cortana di sistem operasi Windows mulai akhir 2023 ini.

Dilaporkan oleh The Verge, Microsoft mengumumkan perangkat asisten virtual baru Windows Copilot yang dilengkapi oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) pada bulan Mei.

Baca Juga

Copilot memiliki beberapa kelebihan seperti merangkum artikel, menulis ulang sebuah tulisan, mengatur pengaturan komputer, dan siap menjawab pertanyaan pengguna melalui akses setiap saat ke mesin pencari.

Microsoft pertama beroperasi pada 2015 di Windows 10 yang memudahkan penggunanya dengan fitur mengatur pengingat, membantu membuka aplikasi, dan menanyakan pertanyaan melalui komando suara.

Selama beberapa tahun terakhir Microsoft secara bertahap menonaktifkan Cortana mulai dari menghilangkannya dari taskbar pada Windows 11 serta menghentikan operasinya di Android dan iOS pada 2020.

Belum ada tanggal pasti kapan Microsoft akan menutup Cortana di Windows, namun prioritas saat ini dari perusahaan teknologi tersebut adalah mengembangkan Bing chatbot dan Microsoft 365 Copilot.

Meskipun Cortana akan menghilang dari Windows, pihak Microsoft mengatakan, asisten virtual tersebut akan tetap tersedia pada Outlook Mobile, Microsoft Teams Mobile, serta tampilan utama dan ruangan di Microsoft Teams.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement