Sabtu 03 Jun 2023 12:15 WIB

Saksikan Livestream Pertama yang Dipancarkan dari Mars, Begini Caranya

Anda dapat mendengarkan streaming langsung Mars melalui Saluran YouTube ESA.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Badan Antariksa Eropa akan melakukan siaran langsung pertama dari Planet Mars/ilustrasi.
Foto: cnsa
Badan Antariksa Eropa akan melakukan siaran langsung pertama dari Planet Mars/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Selama 20 tahun terakhir, perangkat Mars Express milik Badan Antarika Eropa (ESA) telah mengorbit di planet merah itu dan mengirimkan kembali data berharga yang mengungkapkan lanskap mars. Namun, pandangan tentang Mars selalu mengalami sedikit keterlambatan teknis. Membutuhkan waktu berjam-jam atau terkadang berhari-hari untuk mengirimkannya kembali ke bumi. Semua itu akan berubah dengan streaming langsung Mars pertama yang dipancarkan langsung dari planet merah.

Pada hari Jumat, ESA akan menyiarkan umpan langsung dari gambar yang diambil oleh Mars Express untuk merayakan ulang tahun pengorbit, badan antariksa mengumumkan minggu ini. Gambar akan dipancarkan langsung dari Visual Monitoring Camera (VMC) pesawat ruang angkasa, juga dikenal sebagai Mars Webcam, dan gambar baru akan ditampilkan kira-kira setiap 50 detik selama durasi penuh acara selama satu jam.

Baca Juga

Streaming langsung dijadwalkan akan dimulai pada 2 Juni pukul 12:00 ET. Anda dapat mendengarkan streaming langsung Mars melalui Saluran YouTube ESA atau melalui kanal khusus.

Webcam Mars awalnya dirancang untuk satu tugas, memantau pemisahan pendarat Beagle 2 dari pesawat ruang angkasa Mars Express. Setelah mengirimkan kumpulan data awalnya, Mars Webc am dimatikan. Namun, sekitar empat tahun kemudian, kamera tersebut awalnya dihidupkan kembali untuk kegiatan penjangkauan, tetapi kemudian digunakan kembali sebagai instrumen sains sendiri.

“Kami mengembangkan metode operasi dan pemrosesan gambar baru yang lebih canggih, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari kamera, mengubahnya menjadi instrumen sains ke-8 Mars Express,” kata Jorge Hernández Bernal, bagian dari tim VMC, dalam pernyataan ESA seperti dilansir dari laman Gizmodo, Sabtu (3/6/2023).

Gambar Mars yang diambil oleh kamera disimpan di pesawat ruang angkasa dan ditautkan ke kontrol misi sebagai batch setiap beberapa hari. Setelah itu, mereka diproses dan tersedia untuk dilihat. Ini cukup umum untuk sebagian besar pesawat ruang angkasa karena sebagian besar pengumpulan data cenderung terjadi saat mereka tidak bersentuhan langsung dengan antena stasiun di Bumi. Pesawat ruang angkasa itu bisa berada di sisi lain mars atau matahari, atau antena mereka menghadap jauh dari Bumi, menurut ESA.

Itu sebabnya setiap kali kita melihat gambar benda angkasa, itu tidak benar-benar mencerminkan seperti apa saat ini. Alih-alih Instagram Live, biasanya ada keterlambatan atau salah satu tempat pembuangan foto yang menunjukkan sorotan yang diambil beberapa minggu lalu.

Namun, selama streaming langsung satu jam hari Jumat, kita akan disuguhi gambar yang diambil dari orbit Mars hanya 18 menit sebelum muncul di layar.  ESA menambahkan penafian dalam pengumuman mereka bahwa ini belum pernah dilakukan sebelumnya, oleh karena itu waktunya mungkin sedikit melenceng, bahkan saja tidak berhasil sama sekali.

“Ini adalah kamera tua, awalnya direncanakan untuk tujuan rekayasa, pada jarak hampir tiga juta kilometer dari bumi, ini belum pernah dicoba sebelumnya dan sejujurnya, kami tidak 100 persen yakin ini akan berhasil,” ujar James Godfrey, manajer operasi pesawat ruang angkasa di pusat kendali misi ESA di Darmstadt, Jerman. "Tapi saya cukup optimis," katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement