Sabtu 03 Jun 2023 13:49 WIB

Microsoft Uji Mode Gelap Aplikasi Paint, Ini Penampakannya

Microsoft mulai menguji mode gelap baru untuk aplikasi Paint di Windows 11.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mode gelap aplikasi Paint di Windows 11.
Foto: theverge.com
Mode gelap aplikasi Paint di Windows 11.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft akhirnya mulai menguji mode gelap baru untuk aplikasi Paint-nya di Windows 11. Raksasa perangkat lunak ini awalnya menggoda penambahan mode gelap hampir dua tahun lalu dan sekarang sedang diuji di Canary dan Dev Channels untuk Windows Insiders.

Seperti kebanyakan aplikasi lain di Windows 11 yang mendukung mode gelap, Paint akan secara otomatis beralih berdasarkan tema sistem Anda atau Anda dapat mengaktifkan mode gelap secara manual di halaman pengaturan baru di dalam Paint.

Baca Juga

“Kami juga meluncurkan peningkatan pada kontrol zoom juga untuk memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan kontrol atas tampilan konten Anda di kanvas,” jelas Dave Grochocki, pemimpin program utama untuk aplikasi Windows bawaan seperti dilansir dari laman The Verge, Sabtu (3/6/2023).

Anda sekarang dapat memperbesar dan memperkecil dengan nilai khusus dan bahkan ada tombol pas ke layar yang akan menyesuaikan zoom agar sesuai dengan ukuran jendela Paint dan resolusi Anda.

Perbaikan lain untuk Paint termasuk dialog yang diperbarui yang cocok dengan gaya Windows 11 dan pintasan aksesibilitas yang ditingkatkan. Sayangnya masih belum ada opsi untuk lapisan, jadi Paint masih merupakan editor gambar dasar yang kami miliki di dalam Windows selama beberapa dekade.

Microsoft memang berencana menghapus Paint dari Windows 10 pada satu titik sebelum memutuskan untuk menyimpannya. Sebaliknya, Microsoft tidak menekankan 3D Paint, versi modern yang dimaksudkan untuk menggantikan aplikasi Windows Paint tradisional.

Microsoft sedang menguji versi Paint yang diperbarui ini dengan Windows Insiders sekarang, yang berarti akan tiba untuk semua pengguna Windows 11 dalam beberapa bulan mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement