Senin 29 May 2023 16:34 WIB

Berkat Teknologi AI, Google Kini Lebih Unggul dalam 3 Hal

AI generatif mampu mempermudah proses pencarian informasi melalui tiga cara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google sudah mulai membuka akses terhadap Search Lab, program baru yang memberikan akses lebih awal terhadap beragam percobaan dari Google. Salah satu di antaranya adalah pengalaman melakukan pencarian pada Google Search yang telah dimotori oleh kecerdasan buatan atau AI generatif.
Foto: UNM
Google sudah mulai membuka akses terhadap Search Lab, program baru yang memberikan akses lebih awal terhadap beragam percobaan dari Google. Salah satu di antaranya adalah pengalaman melakukan pencarian pada Google Search yang telah dimotori oleh kecerdasan buatan atau AI generatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google sudah mulai membuka akses terhadap Search Lab, program baru yang memberikan akses lebih awal terhadap beragam percobaan dari Google. Salah satu di antaranya adalah pengalaman melakukan pencarian pada Google Search yang telah dimotori oleh kecerdasan buatan atau AI generatif.

Berbeda dengan pencairan biasa, pencarian pada Google Search berbasis AI generatif dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan interaktif. Pengguna juga tak perlu mengajukan serangkaian pertanyaan pada Google Search dan merangkum semua informasinya sendiri. Semua pekerjaan ini akan dilakukan oleh Google Search berbasis AI generatif.

Baca Juga

Sejauh ini, AI generatif mampu mempermudah proses pencarian informasi melalui tiga cara. Berikut ini adalah ketiga cara tersebut, seperti dilansir GadgetsNow.

1.Lebih Mudah Memperoleh Informasi dengan Topik Rumit

Hanya dengan mengajukan satu pertanyaan, pengguna bisa mendapatkan informasi yang lebih komprehensif mengenai topik yang mereka tanyakan dari Google Search. Sebagai contoh, pengguna bisa memasukkan kata kunci "belajar ukulele atau gitar".

 

Nantinya, Google Search berbasis AI akan memberikan sejumlah gambar yang dapat mempermudah pemahaman pengguna mengenai faktor yang perlu dipertimbangkan. Google Search juga akan memberikan informasi dengan memecahnya menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dicerna.

 

2.Tips Singkat untuk Pertanyaan Spesifik

Pengguna juga bisa memperoleh tips-tips untuk sesuatu yang spesifik. Sebagai contoh, pengguna mendapati adanya noda kopi pada sweater berbahan wol mereka. Pengguna dapat mengetik "bagaimana cara untuk membersihkan noda kopi pada sweater berbahan wol?"

Contoh lainnya, pengguna berencana melakukan perjalanan internasional. Akan tetapi, pengguna belum memperbarui paspor dan tak tahu dokumen apa saja yang perlu dilengkapi. Pengguna cukup mengetikkan pertanyaan seperti "bagaimana saya bisa memperbarui paspor saya dengan cepat?"

Meski mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang spesifik, pengguna bisa memperoleh tips-tips yang sangat membantu dalam bentuk pointer. Pengguna juga dapat memperoleh beragam opsi yang bisa mereka lakukan untuk mengatasi suatu masalah.

 

3.Menemukan Rangkaian Produk Saat Berbelanja

Saat berbelanja sesuatu, tiap orang pasti ingin mendapatkan opsi yang terbaik. Google Search berbasis AI generatif bisa membantu pengguna untuk memperoleh informasi mengenai serangkaian barang yang diinginkan pengguna sebagai pertimbangan.

Sebagai contoh, pengguna ingin membeli speaker bluetooth untuk pesta di tepi kolam renang. Google Search akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna dalam memilih speaker bluetooth, seperti ketahanan speaker terhadap air dan masa penggunaan baterai. Setelahnya, Google Search akan memberikan sejumlah opsi produk yang dapat dipilih oleh pengguna.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement