Sabtu 27 May 2023 08:43 WIB

Inovasi Jayahost di Tengah Pentingnya Peran Web Hosting di Era Digital

Hosting dapat menyimpan dan mengatur semua file dan berbagai jenis media.

Pengoperasian web hosting. (Ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Pengoperasian web hosting. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini web hosting jadi layanan yang berperan dalam menyimpan seluruh file dan juga data website agar dapat diakses secara online di internet oleh siapa saja lewat web browser. Seluruh website dan aplikasi yang kerap dipakai seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan lainnya juga memakai layanan hosting agar dapat menyimpan dan mengatur semua file dan berbagai jenis media.

Untuk lebih mudahnya, web hosting kini menjadi suatu lahan, sementara itu website menjadi rumah. Lahan tersebut akan menampung seluruh sumber daya yang diminta yang memungkinkan website bisa berdiri dengan baik.

Baca Juga

Website bisa saja tidak menggunakan hosting namun akses ke situsnya hanya bisa melalui komputer lokal saja. Itu karena, akses yang terbatas dan sangat tidak mungkin untuk orang lain dapat mengunjunginya secara online.

Cloud Hosting dirancang agar membantu kebutuhan website maupun aplikasi yang memerlukan jaminan resource CPU, Storage dan RAM.

Pertama, Toko Online. Memerlukan storage besar dalam menyimpan gambar produk dan dedicated CPU dan RAM agar menjamin kecepatan akses.

Kedua, E-Learning dan PPDB. Cloud hosting sangat cocok juga untuk ujian online siswa. Hal itu tak lain dari sisi kestabilan serta kelancaran dalam mengaksesnya.

Ketiga, Sistem Informasi. Sistem Informasi berupa berita online dan website profil perusahaan yang mau memakai website-nya untuk informasi.

Keempat, E-mail Perusahaan. Tersedia juga fitur email yang memungkinkan untuk membuat email berdasarkan pada nama domain atau perusahaan pribadi.

Kelima, Portal Berita. Bisa membuat situs portal berita sendiri yang keren dan cantik. Tentunya dengan akses yang lancar untuk diakses sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di dalamnya.

Keenam Remote Database. Pengguna bisa mengakses database dari manapun melalui fitur ini. Bisa juga untuk yang mau membuat aplikasi Android yang tersambung ke Web.

Meskipun Cloud Hosting lebih murah dari VPS, namun bukan berarti cloud hosting itu tidak lebih bagus dari VPS.

"Kini Anda mungkin sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan hostingHosting memiliki peran yang penting untuk website, sehingga penting sekali untuk memilih layanan hosting yang berkualitas," kata owner Jayahost Feri Muhibudin, Sabtu (27/5/2023). 

"Membuat website kini lebih mudah dengan bantuan auto installer di Jayahost, pindah hosting dapatkan gratis tambahan masa aktif selama 6 bulan. Pemindahannya pun bisa di bantu sepenuhnya oleh kami, jadi tidak perlu khawatir. Tersedia garansi uang kembali mulai tujuh hari hingga 30 hari dimana bergantung pada layanan serta siklus billing yang telah Anda beli," ujar dia menegaskan. 

sumber : TechTarget
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement