Ahad 21 May 2023 16:14 WIB

Speaker iPhone Rusak? Coba Diperbaiki dengan Cara Ini

Speaker iPhone kerap dikeluhkan tidak berfungsi karena beberapa hal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Speaker iPhone kerap dikeluhkan tidak berfungsi karena beberapa hal.
Foto: Flickr
Speaker iPhone kerap dikeluhkan tidak berfungsi karena beberapa hal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- iPhone adalah salah satu ponsel pintar yang paling banyak digunakan di dunia. Tetapi harganya juga cukup mahal dibandingkan dengan beberapa model lainnya.

Hal ini juga membuat biaya layanannya menjadi salah satu yang tertinggi di industri. Itulah mengapa terkadang memperbaiki masalah dasar sendiri dapat menghemat banyak uang. Salah satu contohnya adalah cara memperbaiki speaker iPhone yang tidak berfungsi.

Baca Juga

Dilansir dari Ghacks, Ahad (21/5/2023), salah satu cara termudah memperbaiki speaker iPhone yang tidak berfungsi adalah membersihkan speaker iPhone, tetapi tidak selalu berhasil. Beberapa solusi lainnya untuk Anda coba, yakni sebagai berikut:

 

Periksa tombol mute dan volume

Pastikan tombol mute Anda aktif dan volumenya cukup untuk Anda mendengar suara keluar dari speaker iPhone Anda. Anda juga dapat pergi ke pengaturan dan memastikan semua opsi suara diaktifkan.

 

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pergi ke Settings.

2. Temukan Sounds & Haptics.

3. Naikkan level “Ringtone and alert volume”.

4. Nyalakan “Change with buttons” sehingga dering dan suara peringatan Anda juga meningkat dengan tombol.

 

Putuskan sambungan perangkat Bluetooth lainnya

Perbaikan lain yang terlewatkan adalah memutuskan sambungan perangkat Bluetooth lain sehingga ponsel Anda akan menyetel speaker sebagai sumber utama suara. Masalahnya mungkin ponsel Anda masih terhubung ke perangkat Bluetooth yang tidak lagi Anda gunakan. Jika masih terhubung, ponsel Anda akan memilih perangkat sebagai sumber suara utamanya dan Anda tidak akan mendengar apa pun yang keluar dari speaker Anda.

1. Buka Settings.

2. Buka Bluetooth.

3. Periksa apakah ada perangkat yang terhubung.

4. Jika Anda melihat perangkat yang tersambung, putuskan sambungannya dan coba speaker Anda lagi.

 

Setel ulang (restart)  iPhone Anda

Setel ulang iPhone Anda akan memperbaiki semua gangguan perangkat lunak yang membatasi Anda menggunakan speaker ponsel Anda. Ini mungkin bukan perbaikan terbaik, tetapi cukup mudah dan Anda dapat melakukannya dalam beberapa detik.

Jika Anda tidak tahu cara menyetel ulang iPhone, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

iPhone 6 dan lebih lama: Tekan dan tahan tombol Power dan Home ponsel sampai melihat logo Apple di layar. Ponsel akan mati dan hidup kembali, jangan tombol sampai Anda melihat logonya.

iPhone 7/7 Plus: Tekan dan tahan tombol Volume Down dan Power ponsel Anda hingga Anda melihat logo Apple, Proses setel ulang yang sama akan terjadi lagi; jangan lepaskan tombolnya.

iPhone 8 dan yang lebih baru: Tekan dan lepaskan masing masing Volume Up dan Volume Down, lalu tekan dan tahan tombol Power hingga Anda melihat logo Apple muncul kembali di layar.

 

Jalankan aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang membantu Anda menyingkirkan beberapa masalah terkait speaker. Clear Wave adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda coba. Itu tidak menghilangkan air dari speaker Anda tetapi mengujinya, yang akan membantu Anda melihat apakah Anda dapat mendengar apa pun saat desibel naik atau turun.

 

Cara menggunakannya:

1. Buka App Store.

2. Ketik “Clear Wave” di kotak pencarian.

3. Temukan aplikasinya dan unduh.

4. Buka Clear Wave.

5. Ketuk ikon biru di bawah “ Check Sound Now” untuk menjalankan tes.

6. Ketuk “Tone” dan geser ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan frekuensi guna mengetahui apakah Anda mendengar sesuatu.

7. Buka meteran dB dan coba fiturnya.

8. Ketuk Stereo untuk memeriksa speaker Anda.

 

Hubungi Apple

Jika tidak satu pun dari langkah-langkah ini membantu, mungkin sudah waktunya menghubungi Apple. Anda mungkin menghadapi masalah speaker iPhone yang tidak berfungsi karena masalah perangkat keras atau hal lain yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement