Rabu 17 May 2023 13:37 WIB

Giliran Amazon Pakai AI Generatif untuk Pikat Pelanggan

Amazon juga menjajaki integrasi teknologi ke dalam robot.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Amazon menambahkan teknologi AI generatif seperti ChatGPT dalam pencarian/ilustrasi.
Foto: AP Photo/Reed Saxon
Amazon menambahkan teknologi AI generatif seperti ChatGPT dalam pencarian/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---AI generatif telah menarik perhatian dan investasi perusahaan teknologi besar sejak munculnya ChatGPT, berkat rangkaian aplikasi praktis yang ditawarkan teknologi tersebut. Setelah Google dan Microsoft mengumumkan mesin pencari bertenaga AI, Amazon ingin menghubungkan teknologi itu ke dalam pencarian toko webnya.

Seperti yang digali Bloomberg, unggahan baru Amazon menyertakan referensi ke pengalaman seperti ChatGPT dalam pencarian. “Kami menata ulang Amazon Search dengan pengalaman percakapan interaktif yang membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan produk, melakukan perbandingan produk, menerima saran produk yang dipersonalisasi, dan banyak lagi,” kata Amazon dalam unggahannya dilansir Indian Express, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga

Peningkatan pengalaman itu bertujuan agar pengguna dengan mudah menemukan produk yang sempurna untuk kebutuhan. Amazon menambahkan bahwa pengalaman ini akan menjadi transformasi sekali dalam satu generasi untuk Search, sama seperti browser Mosaic. Browser Mosaic adalah salah satu browser web pertama yang tersedia secara luas.

Amazon telah menghadapi kritik karena menampilkan hasil pencarian yang ditambahi terlalu banyak iklan. Amazon Search juga dinilai mungkin bukan tempat terbaik untuk mencari, jika pelanggan mencari sesuatu yang spesifik. Keberadaan AI generatif diharapkan dapat mengubah ini, dengan chatbot bertindak sebagai pintu untuk menemukan produk baru.

Mungkin ide tentang bagaimana pencarian bertenaga AI Amazon dapat bekerja dapat diambil dari Bing yang didukung GPT-4. Jika Anda memintanya untuk membuat daftar 5 AC terbaik untuk dibeli, hasil menyiapkan daftar yang sesuai, masing-masing dengan deskripsi singkat dan kutipan ke situs web. Meskipun demikian, masih belum jelas kapan pengalaman pencarian baru ini akan benar-benar terbentuk, Amazon belum mengumumkan apa pun yang terkait dengannya.

Selain AI generatif dalam pencarian,  menurut dokumen internal dari perusahaan yang diverifikasi oleh Insider, Amazon juga menjajaki integrasi teknologi ke dalam robot. Proyek AI rahasia baru bernama Burnham sedang mengembangkan versi robot rumah Astro dengan pengalaman kecerdasan dan antarmuka percakapan yang diucapkan.

Dokumen tersebut menunjukkan bahwa AI generatif memungkinkan robot untuk mengingat apa yang dilihatnya, dan terlibat dalam dialog tanya jawab tentang apa yang dilihatnya. Bot Astro menggunakan Burnham yang dapat menemukan kompor yang dibiarkan menyala atau keran yang dibiarkan menyala, dan menjangkau pemiliknya untuk mengingatkan mereka. Bot juga dapat memeriksa seseorang yang jatuh dan menelepon nomor darurat jika situasinya mengharuskan demikian.

Dalam dokumennya, Amazon mengatakan teknologi AI terbaru dan tercanggih yang dirancang untuk membuat robot lebih cerdas, lebih berguna, dan lebih komunikatif. Namun, Burnham tidak akan muncul dalam waktu dekat, karena Amazon mengakui bahwa jalan masih panjang sebelum teknologi dimasukkan ke dalam suatu produk. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement