Rabu 10 May 2023 06:05 WIB

Pakai Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan Karier

Kehadiran teknologi seperti kecerdasan buatan tak pelak berdampak pada pekerjaan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kemampuan kecerdasan buatan (AI) kini memunculkan pertanyaan sekaligus kekhawatiran./ilustrasi
Foto: Unsplash
Kemampuan kecerdasan buatan (AI) kini memunculkan pertanyaan sekaligus kekhawatiran./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi kekuatan pendorong di tempat kerja modern. Ini secara dramatis membentuk kembali cara kita bekerja, berkomunikasi, dan berinovasi. Ini melengkapi dan meningkatkan kemampuan manusia. Bagaimana kecerdasan buatan dapat memengaruhi pekerjaan dan karier?

Kekhawatiran tentang teknologi berbasis AI mengambil alih pekerjaan orang telah meningkat, namun para ahli mengatakan tidak sesederhana itu. Jawaban singkat untuk pertanyaan apakah AI akan menggantikan beberapa pekerjaan adalah "Ya".

Baca Juga

"Perkembangan dalam kecerdasan buatan berarti bahwa teknologi dapat mencapai lebih banyak lagi, dan itu tentu saja akan berdampak pada pekerjaan," ujar Steven Miller, profesor emeritus sistem informasi di Singapore Management University seperti dilansir dari laman CNBC, Rabu (10/5/2023).

Menurut Miller, ketika mesin, sistem perangkat lunak, dan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak menjadi lebih mampu sebagai hasil dari pemberdayaan AI, semakin mungkin dan layak secara ekonomi untuk menggantikan bagian yang lebih besar dari bagian pekerjaan manusia saat ini dengan mesin.

Namun, profesor keuangan di Kellogg School of Management di Northwestern University, Dimitris Papanikloaou mengatakan pekerjaan dengan elemen manusia yang kuat sangat tidak mungkin diambil alih oleh teknologi "Pekerjaan yang menekankan keterampilan interpersonal jauh lebih sulit digantikan oleh AI," katanya.

 

Pekerjaan baru di depan mata?

Steve Chase, pemimpin konsultan di KPMG US mengatakan kekhawatiran itu tidak mengherankan. "Seperti kebanyakan kemajuan teknologi, ketakutan awal akan kehilangan pekerjaan dan pemindahan di antara para pekerja adalah wajar," ujarnya.

Namun, penting untuk mengingat beberapa poin. Pertama, gangguan serupa pernah terjadi sebelumnya misalnya saat muncul komputer atau mesin yang lebih canggih dan terspesialisasi di pabrik. Ini mengubah cara orang bekerja dan jenis pekerjaan apa yang mereka lakukan dan mereka membuat beberapa pekerjaan menjadi mubazir. Namun hari ini, kita tidak dapat membayangkan hidup tanpa mereka.

Ini adalah proses yang berlangsung selama berabad-abad. Sejarah pun menunjukkan jika pekerjaan hilang karena teknologi baru, peran lain telah dibuat untuk menggantikannya.

“Penciptaan lapangan kerja baru yang dihasilkan dari kemampuan untuk menciptakan dan mengirimkan jenis barang dan jasa baru telah jauh melampaui jumlah pekerjaan yang digantikan,” jelasnya.

 

Bekerja dengan AI, bukan menentangnya

AI dan teknologi serta produk yang berbasis padanya juga masih terbatas dalam beberapa hal. Sebagian besar yang dilakukan AI adalah mensintesis pengetahuan yang ada dengan spesifik tujuan dalam pikiran.

Ini cukup jauh dari menciptakan pengetahuan baru. Oleh karena itu, orang yang bekerja bersama kecerdasan buatan, alih-alih digantikan olehnya, adalah skenario yang lebih mungkin untuk saat ini.

"Ada jauh lebih banyak peluang menggunakan AI untuk menambah pekerjaan karyawan manusia daripada mengotomatiskan sepenuhnya pekerjaan manusia," ujarnya.

Chase menjelaskan banyak bisnis menggunakan AI untuk meningkatkan efisiensi atau mendukung karyawan.

"Pemimpin merangkul AI untuk mendorong efisiensi material untuk bisnis mereka dan membantu pekerja melakukan pekerjaan mereka dengan lebih efektif," katanya. 

Menurutnya memanfaatkan AI memungkinkan organisasi untuk mengonfigurasi ulang peran dengan cara meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk tugas berulang dan memaksimalkan pengambilan keputusan strategis.

Untuk melakukan ini dengan sukses, bisnis perlu beradaptasi. Ini termasuk mendidik karyawan, membantu mereka meningkatkan keterampilan dan membuat kerangka kerja tentang penggunaan teknologi AI secara bertanggung jawab. Dia mengatakan bahwa beberapa perusahaan sudah mulai melakukan ini.

Jadi, meskipun algoritme AI dan teknologi yang didasarkan padanya mungkin tidak akan menggantikan pekerjaan orang, kemungkinan besar akan menjadi bagian yang lebih besar dari kehidupan kerja sehari-hari, berpotensi lebih cepat daripada nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement