Jumat 12 May 2023 08:09 WIB

Ini Dia Daftar Ponsel yang Bisa Menggunakan Android 14

Google secara resmi meluncurkan versi terbaru sistem operasi selulernya, Android 14.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pada Google I/O 2023, Google secara resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi selulernya, Android 14. Sementara beta kedua juga telah tersedia untuk ponsel mitra, tablet, dan ponsel lipat.
Foto: EPA-EFE/HAYOUNG JEON
Pada Google I/O 2023, Google secara resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi selulernya, Android 14. Sementara beta kedua juga telah tersedia untuk ponsel mitra, tablet, dan ponsel lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pada Google I/O 2023, Google secara resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi selulernya, Android 14. Sementara beta kedua juga telah tersedia untuk ponsel mitra, tablet, dan ponsel lipat.

Fitur inti baru Android 14 termasuk layar kunci yang dapat disesuaikan seperti iOS 16, pengalaman kamera yang lebih baik, audio lossless melalui USB, dan banyak lagi.

Baca Juga

Google juga menyoroti bahwa Android 14 sekarang dapat memanfaatkan GPU dengan lebih baik, untuk menghadirkan pengalaman grafis yang sudah lebih ditingkatkan.

Google telah bermitra dengan iQOO, Lenovo, Nothing, OnePlus, OPPO, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi, untuk lebih mengembangkan dan mengoptimalkan Android 14. Menarik juga untuk dicatat bahwa Samsung tidak hadir dalam program Android 14 beta.

Jika hendak membeli smartphone unggulan dari salah satu jenama tersebut, kemungkinan perangkat akan mendapatkan versi beta awal dari Android 14.

Dilansir dari Indian Express, Jumat (12/5/2023), berikut ini adalah daftar ponsel yang memenuhi syarat untuk pembaruan Android 14 beta, yaitu Pixel 4a (5G), Pixel 5 dan 5a, Pixel 6 dan 6 Pro, Pixel 6a, Pixel 7 dan 7 Pro, Pixel 7a, Pixel Fold, Pixel Pad, Vivo X90 Pro, iQOO 11, Lenovo Tab Extreme, Nothing Phone (1), Oppo Find N2, Oppo Find N2 Flip, OnePlus 11, Tecno Camon 20 series, Realme GT 2 Pro, Xiaomi 13 Pro, Xiaomi 13, Xiaomi 12T, serta Xiaomi Pad 6.

Pengguna Google Pixel bisa mendapatkan akses ke Android 14 beta melalui platform pengembang Android. Pengguna non-piksel dapat mengunduh Android 14 beta melalui situs web OEM masing-masing.

Semua ROM Android 14 awal akan dibuat AOSP (Android Open-Source project) dan akan kehilangan fitur khusus yang biasanya dilihat di perangkat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement