Jumat 05 May 2023 11:51 WIB

WhatsApp Uji Opsi untuk Memutar GIF Animasi Secara Otomatis

WhatsApp hanya akan memutar animasi satu kali.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp sedang menguji coba agar GIF animasi sekarang akan diputar secara otomatis saat pertama kali dilihat./ilustrasi
Foto: Unsplash
WhatsApp sedang menguji coba agar GIF animasi sekarang akan diputar secara otomatis saat pertama kali dilihat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Format GIF pertama kali dirilis pada Juni 1987, tetapi tetap populer seperti format pilihan untuk berbagi meme animasi di media sosial. Namun, format GIF tidak cukup berfungsi di WhatsApp karena penggunanya harus mengetuk gambar untuk melihat animasinya.

Dilansir dari GSMArena, Jumat (5/5/2023), WhatsApp beta 2.23.10.2 untuk Android akan sedikit berubah. GIF animasi sekarang akan diputar secara otomatis saat pertama kali dilihat.

Baca Juga

Namun, seperti catatan WABetaInfo, WhatsApp hanya akan memutar animasi satu kali, meskipun GIF di-loop. Setelah itu, lencana “GIF” yang familier muncul dan Anda harus mengetuk gambar lagi jika ingin melihat animasinya lagi.

Itu mungkin yang terbaik, karena animasi yang berputar tanpa akhir dapat dengan cepat mengganggu. Bagaimanapun, ini adalah pembaruan yang cukup kecil, tetapi ini akan membuat berbagi meme animasi menjadi lebih menyenangkan, sehingga dapat berdampak besar pada obrolan Anda.

Jika Anda adalah bagian dari program TestFlight WhatsApp, Anda mungkin sudah memiliki akses ke GIF yang diputar otomatis. Jika tidak, fitur baru ini akan diaktifkan secara bertahap untuk lebih banyak pengguna dan pada akhirnya akan diluncurkan ke semua pengguna.

Di sisi lain, ada tambahan kecil lainnya yang muncul di WhatsApp beta untuk Android v2.23.10.4, berkaitan dengan cara orang melihat panggilan WhatsApp yang tidak terjawab. Dilansir dari Android Police, WABetaInfo mengatakan tweak visual baru ini menyoroti nama kontak dengan warna merah ketika ada panggilan tak terjawab dari mereka.

Jika itu adalah kontak yang belum disimpan atau tidak dikenal, nomornya akan disorot dengan warna merah. Ini merupakan tambahan dari indikator panggilan tidak terjawab saat ini di sebelah setiap nama/nomor pada daftar panggilan WhatsApp.

Penanda visual telah ada di WhatsApp versi iPhone selama beberapa waktu, jadi ini sama sekali bukan tambahan yang besar. Sementara itu, visibilitas indikator panggilan tak terjawab yang baru dapat dibatasi, meskipun Anda terdaftar dalam program beta perusahaan di Play Store dan telah mengunduh aplikasi versi 2.23.10.4.

Namun, WABetaInfo mencatat bahwa ini dapat diluncurkan secara bertahap ke penguji beta sebelum menuju ke saluran stabil, mungkin beberapa pekan dari sekarang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement